Let’s Start Learning – 1

Hi! My name’s Irma. I’m a mother of three with a penchant for singing, daydreaming, and all things that can make me smile.

Gini-gini aku duluuuu banget pernah jadi guru bahasa Inggris, kuliah juga di jurusan sastra Inggris. Gak banyak aku ungkit di tulisan-tulisanku sebelumnya baik di Multiply atau setelah pindahan ke WP. Karena apa? Beban mental bow! Soalnya ekspektasi orang bakal gimana gitu ya terhadap kemampuan bahasa Inggrisku. Padahal sumpah deh…gue tuh biasa aja bahasa Inggrisnya…kalau dibandingkan dengan penutur asli…wkwkwk.

Dari dulu, aku berulang kali berniat bikin situs khusus untuk beajar bahasa Inggris, khusus untuk orang Indonesia. Tapi maluuu..ha..ha..ha. Terus bingung juga format yang efektifnya seperti apa. Nah, malam ini, berhubung aku lagi lebih bersemangat menulis dan dalam rangka ingin menjadi lebih bermanfaat, aku nekad nih bikin semacam serial postingan khusus untuk mengajak kalian (siapa yaaa…yuhuuu?) belajar bahasa Inggris. Gak usah formil banget kalik ya formatnya. Nanti nerangin grammarnya juga pake bahasa Indonesia aja. Yang penting praktik sih kalo aku bilang. Ini kan kekurangannya penutur asing di negeri yang gak berbahasa Inggris. Jangan protes kalau bahasa Indonesiaku gak baku lo ya, biar tetap santai lah kitaaa..berasa di pantai.

Jadi, latihan pertama kali cuma gini, coba deh kenalin diri kalian dalam bahasa Inggris. Boleh cuma nama aja, boleh ditambah yang lain-lain. Cantumkan juga di bagian akhir komentar keliyan mau dikoreksi apa enggak. PCM (Please correct me) untuk yang mau dikorek-korek, dan NC (No correction) untuk yang gak pengen dikorek-korek. Gampang kaaaaan? Gak usah kepanjangan sampe beberapa paragraf yaaa…ha..ha..ha.. 3 kalimat lah maksimal. Oh ya…jangan marah atau sedih kalau dikoreksi yaaaaa. Bagian dari belajar kan? Yang udah jago gak usah ngerjain gue yeee..ha..ha..ha.

Udah, gitu aje. Ayo mulai!

6 thoughts on “Let’s Start Learning – 1

  1. Hello, my name is Muse, that’s not my real name actually, I work for government and I love sleeping, watching, and buying books…. Currently, I’m living in Depok in the southside of Jakarta which takes 2hrs to my office, so I have to spend at least four hours on the street to go back and forth from home to workplace.. #curhat

    PCM..

    • Pertama, ih Museeeee! Ngetes gue lu ye…ha..ha..ha. Udah jago juga gituh loh. Aku coba korek2 sebisanya yeee.

      Ini bisa dijadiin berapa kalimat nih, Muse? Hello, my name is Muse. That’s not my real name, actually. (kalo bisa tambahin keterangan kenapa jadi dipanggil Muse) I work for the government (pake “the” karena cuma satu kan pemerintahnya) and I love sleeping, watching (kasih objek deh yak krn ini termasuk kata kerja butuh kasih sayang…halagh), and buying books.

      Currently, I’m living in Depok, in the south side of Jakarta which takes 2 hrs to my office, so I have to spend at least four hours on the street to go back and forth from home to workplace. (Bisa juga abis “office” dikasih titik, terus bikin kalimat baru biar kalimat ini gak kepanjangan, tapi gak harus lo ya.)

      Makacih udah nyobain dikorek-korek, ya Museee! Udah jagoan gitu ih, gemes deh.

      • Eaaah….udah kuliah S2 di luar negeri mah udah gape nulisnya atuh. Nulis paper bukan pakai bahasa Sunda kaaan? Ha…ha…ha. Anyway, pas semester pertama kuliah, aku sempat dikirim ke Writing Center. Ternyata gaya penulisanku keliru, gak amriki, bingungin dosennya..bwa..hua..hua. Pas udah ngerti, oh OK…musti gini…cincay deh abis itu.

      • hahaha, begitu yah…. kemrn aku pas kuliah so far dosen2 ku ngerti sih kayaknya aku nulis apa pas bikin essay.. Kayaknya lho yah… Cuma pas disertasi pake proofreader karena ga pede hehehe

  2. Cara membangun argumentasiku dianggap kurang sesuai dengan gaya orang sini, Muse. Ini kan hubungannya juga dengan cara berpikir mungkin ya..he..he. Mungkin juga awal-awal itu aku masih kalut, pisah dari suami dan 2 anak kecil, jadi ngaruh ke studiku.

Makasih ya udah kasih komen.

