Italian Dinner

Ceritanya lagi jenuh masak. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan mencoba resep baru atau yang jarang dipraktikkan. Kebetulan punya satu buku masakan Italia yang cakeppp banget tampilannya. Cuma satu dua resep yang pernah aku coba dari buku itu. Salah satunya adalah Chicken with Green Olives yang rasanya unik dan beda dengan masakan Indonesia atau Amerika (yg biasanya bland alias hambar).

Bumbunya gak banyak, cuma bawang bombay, bawang putuh, garam, lada. Simple banget kan? Yang bikin meriah adalah sayur-sayurannya yg terdiri dari jamur, paprika, tomat, dan buah zaitun yang udah dibuang bijinya. Ada juga bahan white wine (anggur putih) yang aku gak pake dan ganti dengan kaldu ayam (kaldu ayam blok dilarutkan di air panas) serta krim kental yang aku ganti dengan half and half (semacam creamer buat minum kopi). Oh ya, zaitun hijau pun aku ganti dengan yang hitam karena adanya yang item euy.

Belum jadi aja, baru tahap numis si ayam, si Darrel sudah berkicau, “Sedap banget baunyaaa…lapeerrrr…” Tapi karena waktu memasak makanan ini cukup lama (kira2 satu jam ples persiapan 15 menit), terpaksa dia harus sabar menanti. Sempat ada kendala dengan pembuka kaleng elektrik yang lepas bagian pisaunya, sehingga aku harus membuka kaleng dengan cara tradisional yaitu dengan pisau..ha…ha. Jadi makin lama deh proses masaknya.

Tapi, waktu masak yang lama itu sebenarnya lebih banyak dihabiskan si ayam di dalam oven. Alhasil, selama dipanggang, aku bisa nati balet dulu, koprol, joget2 keliling lapangan, jadi gak berasa lama sih. Bedakan dengan lamanya proses bikin mpek2 atau risoles misalnya, yang mayoritas dihabiskan dengan bergelut (sumooo kalik) dengan bahak dan proses pembuatannya.

Setelah satu jam lebih menanti, akhirnya si ayam zaitun ini matang juga dan siap disantap. Rasanya? Hmmm…lekker sulekker dehhh. Gurih, creamy, asem2 (pas ketemu tomat), gitu deh. Buat yang gemar makanan Erofahhh, silakan dicoba yaaa.

image

image

Jimage

Advertisements

11 thoughts on “Italian Dinner

    • Ha…ha…no red wine for me this time, or any other time. Water goes along fine with any meal. Hey, I thought red wine is only for red meat, and white wine is for white meat like chicken and fish. Or I might be wrong.

Makasih ya udah kasih komen.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s