Persalinan Cetar Membahana!

Sebenarnya tanda-tanda si baby sudah ingin hadir ke dunia sudah mulai muncul sejak hari Rabu seminggu sebelumnya yaitu sejak aku merasakan kontraksi yang lebih seru (baca: menyakitkan) daripada biasanya di tengah malam. Rasa sakitnya sampai membuatku terbangun dari tidur. Kecurigaan semakin besar karena pas ke kamar mandi, aku menemukan ada flek-flek darah yang artinya kemungkinan besar seal atau perekat di mulut rahim sudah mulai rontok. Ini juga salah satu tanda yang kudapati saat menjelang persalinan Darrel. Yang pertama kulakukan setelah terbangun adalah: packing.

Agak keterlaluan sebenarnya, mosok kehamilan sudah menginjak 38 minggu 4 hari tapi kami masih belum siap-siap packing barang-barang yang mau dibawa ke rumah sakit. Bukannya tak bersiap-siap sama sekali sih, semua barangnya sudah kami kumpulkan, cuma belum masuk ke dalam tas saja (pembelaan diri oy). Akhirnya dengan iringan konser kontraksi yang datang dan pergi, aku memasukkan barang-barang ke dalam tiga buah tas, satu besar, satu sedang, dan satu kecil yg isinya baju dek bayi untuk pulang ke rumah nanti.

Setelah semua siap, loh kok kontraksinya mereda ya? Jiah…ini kontraksi ori apa KW sih? Kan kontraksi itu memang ada dua, sodara-sodari; yang beneran artinya yg memang terjadi menjelang persalinan dan yang palsuan alias Braxton Hicks, yang mirip dengan yang asli tapi ternyata cuma latihan saja. Karena mereda itu tadi, aku pun tidak berusaha membangunkan suamiku. Kebetulan pagi nanti jam 9 aku harus ke dokter kandungan sebagai bagian dari pemeriksaan kandungan rutin seminggu sekali di bulan ke sembilan kandunganku ini. Ya sudah, nanti kan pasti si dokter periksa dalam, alias diobok-obok tuh pintu rahimnya, dan akan ketahuan sudah sejauh mana bukaan dan penipisan dinding rahimnya. Semakin dekat dengan waktu go shownya, semakin besar bukaannya dan semakin tipis dinding rahimnya.

Dan bener aja deh. Pas ke dokter, aku malah gak merasakan kontraksi sama sekali. Dokternya mengatakan bahwa dindingnya masih tebal dan bukaannya paling2 baru bukaan 1. Huh, aku telah tertipu oleh kontraksi KW rupanya! Kata dokterku dan seperti yang aku juga tahu, tandanya kontraksi ori adalah: kontraksi akan semakin menyakitkan, mulainya dari bagian punggung bawah, jarak antara kontraksi makin dekat, dan durasi tiap kontraksi akan semakin lama. Intinya: makin cetar membahana lah.

(bersambung)

Advertisements

24 thoughts on “Persalinan Cetar Membahana!

    • Ha…ha…ha…loh ini ajaran sesat, jangan masukan ke dalam diktat. Tapi beneran deh tuh kontraksi mirip banget sama yg beneran. Makanya, sama kan dengan tas2 branded yang KW?

      • Aq baru ngerasain yg kw
        Udah buru2 diajak ke ruang op
        Smg yg ini biusa ngerasain yang ori πŸ™‚
        Cun cayang buat debay πŸ˜‰

      • Loh, jadinya cesar? Kenapa (kalo boleh tahu)? Oh sekarang lagi hamdan neh? Wahh..selamat…semoga lancar dan bisa merasakan yang ori dan persalinan vaginal dengan selamat dan bayi serta ibunya sehat. Nanti aku lanjutin cerita persalinanku yang ketiga ini deh, mudah-mudahan bisa bermanfaat. Buat aku sih seru banget…ha…ha..gak tahu deh buat orang lain.

  1. br kmrn dengerin pengalaman temen pas diperiksa pembukaan yg sebenar2nya… aku kira slama ini cuma diujungnya miss v, eeh ternyata masih dalem lagi ya diobok2nya,, oh nooo T__T

    • Salam kenal ya Devita! Oh iya, yang namanya dokter kandungan atau suster pas ngecek bukaan pasti diobok-obok sampe dalem, kan mulut rahimnya ada nun jauh di daalam miss V sanaaaa…ha…ha…ha. Makanya, kalau mau nyaman, pilih dokter kandungan yg cewek aja deh. Meskipun kalau di Indonesia itu alamat ngantri panjang lama bangets, krn masih jarangnya dokter kandungan yg cewek.

  2. Pingback: Perjuangan Dimulai | Penuh Cinta

Makasih ya udah kasih komen.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s