Duluthnya Mbak Evia Kebanjiran!

Mendengar dan membaca berita kebanjiran di Duluth sungguh mencemaskanku. Bukan apa-apa, selain banjirnya memang parah sekali, disebut sebagai yang terparah selama seratus tahun, kebetulan kawan MP kita juga bermukim di situ, yaitu mbak Evia alias Yu Kusminah van Duluth.


Meskipun Yu Kusminah sekarang sedang berada di Indonesia dalam rangka pulang kampung bersama putri tercintanya Menik, tapi suaminya yaitu Kakang Sting Bajakan (KSB) masih berada di Duluth. Rumahnya juga kemungkinan terancam banjir besar ini.


Tapi syukur alhamdulillah, kabar terakhir dari mbak Evi sendiri menyebutkan bahwa KSB dan rumahnya baik-baik saja, cuma basement-nya saja yang sempat terendam air, tapi sudah surut dan sekarang sedang dikeringkan.


Kenapa Duluth bisa banjir? Hujan deras banget selama tiga hari berturut-turut (17-19 Juni) menyebabkan Sungai St. Louis meluap, begitu juga sungai-sungai kecil lain yang ada di situ. Akibatnya, Lake Superior Zoo kebanjiran, dan binatang2 di situ pada kabur termasuk satu beruang kutub dan satu singa laut. Untungnya semuanya berhasil ditemukan kembali.


Tanah longsor dan jalanan yang rusak menunjukkan betapa dahsyatnya banjir yang menimpa Duluth sehingga kota ini dinyatakan dalam keadaan gawat darurat (state of emergency). Setelah banjir mulai surut, maka mulai dilakukan pembersihan yang menurut Walikota Duluth akan memakan biaya sekitar 50 hingga 80 juta dolar.



Untuk berita dan foto-foto lainnya mengenai banjir di Duluth, Minnesota ini bisa dilihat di SINI.

Sumber foto di postingan ini adalah dari SINI.

Advertisements

23 thoughts on “Duluthnya Mbak Evia Kebanjiran!

  1. rengganiez said: Hewan2nya bs ditemuin lagi, mbak????? Bagus proses evakuasinya

    Bisa, mbaaak. Beruangnya ditemukan malam harinya, kalau anjing lautnya ditemukan di pinggir jalan.

  2. ohtrie said: Kata Bang Foke itu bukan banjir nekkk…..Itu hanya air yang menggenang ajaaa….. :)*Hemmm, tetep lebih sigap amrik yaaaa…

    Wis jan ngaco banget tu orang. Disumpahin kelelep banjir sama orang se-Jakarta baru kapok deh.

  3. Serem jg ya banjirnya. :(Syukurlah rumah mbak Evia dan KSB baik2 saja. Kebayang repotnya ngeringin basement..Waduh itu hewan2 kaburnya untung sdh ditemukan kembali ya..

  4. mb Irma…itu poto2nya di Duluth ?parah bener ya, apalagi kaalu perkiraan biaya perbaikan infrastruktur sampai puluhan juta dollarsemoga gak ada banjir susulan

  5. Ikutan lega kalau suaminya mbak Evia baik-baik saja, moga-moga nggak ada kerusakan yang berarti di basementnya mbak Evia.Emang kalau curah hujan tinggi suka bikin banjir, seperti yang terjadi beberapa waktu yang lalu di Perancis.

  6. Alhamdulillah..suami dan rumahnya Mbak Evia baik2 aja ya Mbak..Duuh itu foto2nya bikin inget banjir di negara kita juga ya, ternyata di sana juga bisa separah itu ya

Makasih ya udah kasih komen.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s