Filosofi dalam Memasak by Suminten Teguh

* Jangan masukkan irisan bawang atau bumbu yang sudah diulek ke dalam minyak yang terlalu panas, karena selain meletus-letus, juga bumbu bisa langsung gosong.

Artinya:
Jangan biarkan persoalan terlalu memanas, sehingga apapun solusi yang ditawarkan tidak akan mempan, malah berbalik ke diri kita sendiri. Sebaiknya tangani konflik sebelum mencapai klimaks, atau tunggu hingga panasnya reda, baru memberikan saran.

* Dengan takaran yang tepat, penanganan yang sesuai resep, serta suhu oven yang akurat, maka sebuah cake akan mengembang sempurna.

Artinya:
Sebuah hubungan, baik percintaan maupun bisnis, harus ditata dengan hati-hati, langkah demi langkah, dan sesuai takarannya agar bisa berkembang menjadi hubungan yang memuaskan bagi semua pihak yang terlibat di dalamnya.

* Taburan garam dan gula pada sebuah masakan dapat menggantikan vetsin yang berbahaya bagi kesehatan.

Artinya:
Setiap kenikmatan hidup yang merusak tubuh dan jiwa sebenarnya memiliki bahan penggantinya yang lebih aman dan sehat. Kita hanya harus disiplin mengalihkan diri dari yang merusak ke yang tidak merusak.

Sejauh ini baru tiga filosofi hidup yang bisa Sum gali dari proses masak-memasak. Silakan jika ada pembaca yang ingin menambahkan dengan penafsiran dari proses memasak lainnya.

Salam hangat dan penuh cinta dari Suminten…

*note: Maaf, Suminten belum bisa menerima undangan seminar atau mengisi pelatihan karena masih sangat sibuk mengosek sumur. Silakan menghubungi pembicara lain yang mungkin jadwalnya masih lowong. Terima kasih.

Advertisements

92 thoughts on “Filosofi dalam Memasak by Suminten Teguh

  1. * Taburan garam dan gula pada sebuah masakan dapat menggantikan vetsin yang berbahaya bagi kesehatan.artinyo …Vetsin kudu dipake hati hati dan pas akan terasa umami, artinyo jikalau dipakai dengan bijaksana hal hal yang nampaknya beresiko akan memberikan kenikmatan tersendiri.Kebanyakan garam, darah tinggi, kebanyakan gula kencing manis, artinya hal hal yang nampaknya aman aman saja jikalau berlebihan akan mencelakakan..he.he.he.

  2. *Dalam adonan yang sudah cukup lama tambahkan madu sampai terasa manisArtinya:Dalam usia pernikahan yg sudah cukup lama, persilakan suami anda menikah lagi. Dengan adanya madu, akan menambah manis rumah tangga anda.-Chef Kribo-

  3. anazkia said: wahahahahahaSuminten ogahKok malah kerenan ini, Mak, jadi ceritanya plesetan teguhhhAh, ini, baru Mamak keren!

    Jangan diambil jadi nama di cerpenmu ya, Naz. Suminten Ogah…idih.

  4. tintin1868 said: hidup tanpa bumbu adalah hidup di kuburan.. pacaran tanpa cinta bagaikan sambel tanpa cabe.. sebener banyak ya filosofi dapur.. :Dlapeeerrr beneran..

    Yee…. jadi ikut-ikutan mbak Niez deh tuh.

  5. tintin1868 said: kue cinta adalah..sekilo tepung ciuman10 butir telur kecupansesendok gula sayangsegelas coklat penuh kasihdan secuil garam rindu..

    Ceilee…co cwit. Pernah baca deh aku kayaknya.

  6. aguskribo said: *Dalam adonan yang sudah cukup lama tambahkan madu sampai terasa manisArtinya:Dalam usia pernikahan yg sudah cukup lama, persilakan suami anda menikah lagi. Dengan adanya madu, akan menambah manis rumah tangga anda.-Chef Kribo-

    curanggg, masa suami doank?*istri ga trima*

  7. agamfat said: hahaha mantabs perumpamannya. jangan campur vetsin, karena dia hanya pengganti yg artinya… jangan cari istri kedua atau selingkuhan, karena tidak akan seindah aslinya hehehe

    Yeee… si Agam malah digeser ke sini…ha…ha…ha. Gak apa-apa deh. Tafsiran bebas karena Sum kan juga menafsirkan dengan bebas sekali.

  8. eddyjp said: * Taburan garam dan gula pada sebuah masakan dapat menggantikan vetsin yang berbahaya bagi kesehatan.artinyo …Vetsin kudu dipake hati hati dan pas akan terasa umami, artinyo jikalau dipakai dengan bijaksana hal hal yang nampaknya beresiko akan memberikan kenikmatan tersendiri.Kebanyakan garam, darah tinggi, kebanyakan gula kencing manis, artinya hal hal yang nampaknya aman aman saja jikalau berlebihan akan mencelakakan..he.he.he.

    Mbah, tanya deh. Kalau sesendok vetsin dibanding dengan setengah sendok gula plus setengah sendok garam, lebih bahaya manah?

  9. aguskribo said: *Dalam adonan yang sudah cukup lama tambahkan madu sampai terasa manisArtinya:Dalam usia pernikahan yg sudah cukup lama, persilakan suami anda menikah lagi. Dengan adanya madu, akan menambah manis rumah tangga anda.-Chef Kribo-

    Perhatian, bagi yang ingin menjadi calon istri Agus Kribo, harap siap dimadu karena rupanya Anda dianggap tidak cukup membuat manis rumah tangga.

  10. penuhcinta said: Mbah, tanya deh. Kalau sesendok vetsin dibanding dengan setengah sendok gula plus setengah sendok garam, lebih bahaya manah?

    Pertanyaan sebaliknya, enakan manah ? wakakakakak Umami upapi…

  11. eddyjp said: Pertanyaan sebaliknya, enakan manah ? wakakakakak Umami upapi…

    Hm…emmm… enakan langsung makan, gak pake masak, dan gak pake mikirin makanan itu pake vetsin apa enggak. Ha…ha…ha.

  12. penuhcinta said: Ini berkat bimbingan Pak Margono sebagai salah satu guru memasaknya Suminten.

    Iya tuh. Baru inget.Suminten belon bayar biaya kursus masak.Tapi pikir-pikir gak apalah, aku relakan aja.Persahabatan kan jauh lebih berharga daripada uang!Iya kan? Iya kan? Iya kan?

  13. oleskan mentega atau minyak pada loyang sebelum memanggang kue bolu. filosofinya: berikan batasan dengan keluarga pasangan biar nanti hubungan bisa bagus…ngacooooo!!! wakakakakakaakkk…

  14. mmamir38 said: Iya tuh. Baru inget.Suminten belon bayar biaya kursus masak.Tapi pikir-pikir gak apalah, aku relakan aja.Persahabatan kan jauh lebih berharga daripada uang!Iya kan? Iya kan? Iya kan?

    Iya, Pak! Persahabatan itu tak ternilai harganya. Makasih ya atas kursus gratisnya! Asyik!

  15. itsmearni said: lho lho saya ketinggalan resep suminten nihcatet resepnya baik-baik*kirim ke……………..

    Gak usah dicatet…. dihafalkan sajah! Besok keluar lo di ujian!

  16. thaliasecret said: filosofinya ada benernya juga sih.. tapiii… :)))

    Eh si Thalia! Kemana aje Non? Sibuk syuting yaaaa? Ha…ha…ha. Ih, gak usah dianggap seriyes. Ini mah bisa-bisanya si Suminten aje.

  17. rikejokanan said: oleskan mentega atau minyak pada loyang sebelum memanggang kue bolu. filosofinya: berikan batasan dengan keluarga pasangan biar nanti hubungan bisa bagus…ngacooooo!!! wakakakakakaakkk…

    Gak nyambung blassss! Hua…ha…ha. Justru gini artinya: agar bisa melepaskan sesutau yang susah dilepas, seperti mantan yang terus mengejar-ngejar, oleskan mentega di mukanya, lalu panggang.

  18. rikejokanan said: Yu, ada undangan ngosek sumur dan menerangkan filosofi sumur lho… mau ya…

    Hah? Undangan dari manaaaaa? Mauuuuu! Tapi nanti kalau ngosek sumur yang ini dah selesai yaaa.

  19. Wawaaaaaaaaaaaaaa! Mantan kita ibaratkan loyang… Mari kita bakar loyang tanpa bolu diatasnya biar kepanasan. Ah kau nih ingaaaaak sajaaaaa hihihiUndangan ning RT-ku yang lagi pusing masalah persumuran kaeeeee…

  20. Hua…ha…ha….. mantannya tapi yg brengsek yak. kalau yg baik sih biarin ajah.Loh? Belum selesai huru-hara sumurnya? Suminten memang spesialis sumur. Jadi kapan mau nanggap aku?

Makasih ya udah kasih komen.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s