Badai yang Belum Jelas

Tadi pagi, sembari bersiap berunding lagi dengan para juri, aku menyalakan TV untuk menonton siaran berita. Kaget bukan kepalang karena gambar di TV menunjukkan reruntuhan gedung yang luluh lantak rata ke tanah dan tulisan di sudut layar menyebut “Harrisburg, IL.” Wah, itu kota gak jauh dari tempatku, hanya 45 menit perjalanan dengan bermobil. Lalu teks bergerak di bagian bawah menyebutkan juga bahwa di Marion banyak pohon-pohon yang tumbang. Loh, Marion itu cuma 15 menit dari kotaku, dan kami sering pergi ke situ. Ada apa ini?

Rupanya tadi pagi subuh sekitar jam 5 pagi terjadi “badai yang belum dapat diidentifikasi jenisnya” yang bergerak cepat melalui Missouri, Illinois, dan Kentucky bagian selatan. Stasiun berita lokal langsung menghentikan acara rutinnya dan menggantikannya dengan siaran perkembangan kejadian di kota-kota yang terkena bencana.

Sampai siang tadi, kota-kota seperti Harrisburg dinyatakan tertutup karena polisi mengadakan penyisiran dari rumah ke rumah untuk memeriksa adanya korban. Tadi siang jumlah yang tewas diketahui baru tiga orang. Malam ini, masih simpang siur jumlah pastinya, tapi berkisar antara 6-10 orang. Ratusan orang terluka sedangkan lebih dari 300 rumah dan pertokoan hancur. Akibat tumbangnya tiang-tiang listrik, terjadi mati lampu di ribuan rumah penduduk.

Sampai sekarang badai jenis apa yang menyapu mid-west ini juga masih belum bisa ditentukan. Ada yang menyebutkan bahwa itu adalah twister atau serangkaian tornado dengan kekuatan E4, tapi ada juga yang menyebutkan bahwa itu adalah badai berskala besar. Tapi memang yang namanya thunderstom (hujan badai) bisa berpotensi menimbulkan tornado. Dan mungkin saja yang terjadi tadi pagi adalah selang-seling antara keduanya.

Mustinya tadi pagi aku mendengar bunyi sirene peringatan tornado, tapi mungkin karena begitu terlelapnya jadi tak terdengar apa-apa. Dan korban-korban itu pasti juga begitu, tak bisa lari berlindung ke ruang bawah tanah atau ke kamar mandi (bak mandi) karena pasti masih nyenyak tidur.



Foto diambil dari sini.

Untuk berita lebih lengkap, dapat baca di sini.

Advertisements

36 thoughts on “Badai yang Belum Jelas

  1. mobil bersirene juga nguing nguing dari tadi Sum. Aku gak bisa membedakan itu nguing2nya ambulans atau mobil polisi atau mobil pemadam kebakaran. Kecuali kalau mau masuk persimpangan, bisa ditebak kalau itu mobil pemadam kebakaran karena selalu membunyikan klakson yang suaranya berat berat sember.

  2. anazkia said: Innalillahi…Alhamdulilah gak sampai ke kota di mana Mbak Irma tinggal…

    Iyo Naz… alhamdulillah badainya gak mampir ke kampungku. Tadi pagi sih langit gelaaap banget dan tanah depan rumah basah pertanda malamnya hujan. Tapi gak ada ranting2 pohon atau barang2 berserakan di luar yang artinya gak ada badai atau angin ribut yang lewat sini.

  3. enkoos said: kenapa sembunyi di kamar mandi Sum?

    Kalau gak punya basement, dianjurkan sembunyi di dalam bath tub, mbak terus di atasnya ditutup pakai kasur. Kamar mandi dan bath tub adalah yang paling kuat/berat, jadi kemungkinan gak akan terangkat oleh tornado.

  4. enkoos said: mobil bersirene juga nguing nguing dari tadi Sum. Aku gak bisa membedakan itu nguing2nya ambulans atau mobil polisi atau mobil pemadam kebakaran. Kecuali kalau mau masuk persimpangan, bisa ditebak kalau itu mobil pemadam kebakaran karena selalu membunyikan klakson yang suaranya berat berat sember.

    Mbak Evia sebaiknya terus pantau ramalan cuaca, siapa tahu ada peringatan cuaca tertentu. Soale yg aku tahu, kalau sirene tornado lagi rusak/mati, maka polisi dan semua mobil bersirene akan menyebar ke seluruh penjuru sambil nguing2. Mudah-mudahan ra ono opo2 yo, mbak.

  5. penuhcinta said: Mbak Evia sebaiknya terus pantau ramalan cuaca, siapa tahu ada peringatan cuaca tertentu. Soale yg aku tahu, kalau sirene tornado lagi rusak/mati, maka polisi dan semua mobil bersirene akan menyebar ke seluruh penjuru sambil nguing2. Mudah-mudahan ra ono opo2 yo, mbak.

    Hah????Aduhh…jadi deg deg’an.Mudah2an gak ada apa2 deh. Soalnya denger2 snow storm masih berlangsung.

  6. enkoos said: Hah????Aduhh…jadi deg deg’an.Mudah2an gak ada apa2 deh. Soalnya denger2 snow storm masih berlangsung.

    Ih tenang ajaaa. Lihat dulu ramalan cuaca, di TV atau internet. Stasiun TV-nya yang lokal ya, mbak. Kalau ada snow storm mustinya gak ada tornado ya? Eh… enggak kan ya? Kan tornado atau badai itu terjadinya kalau udara panas ketemu udara dingin terus tenanan udaranya ngedrop. Kalau ada badai salju, berarti dingin aje, gak ada panas2nya.Kemarin malam, suhu udara di sini naik lo mbak, sampai 60F. Anomali banget deh, kan masih musim dingin mustinya. Ternyata oh ternyata, paginya ada tornado.

Makasih ya udah kasih komen.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s