Apakah SOPA dan PIPA Hoax?

Hanya tujuh hari menjelang diputuskannya PIPA dan SOPA menjadi Undang-Undang atau tidak oleh Kongres Amerika Serikat, masih terdapat keraguan di hati banyak orang mengenai PIPA dan SOPA. Bahkan sebagian orang menganggap itu hanya hoax alias tipuan belaka. Mari kita bahas dan tuntaskan keraguan yang masih ada itu.

Pertama, perlu saya tekankan bahwa

PIPA dan SOPA BUKAN HOAX


Kedua RUU ini adalah fakta yang diberitakan di media terpercaya seperti Washington Post, CNN, ABC, BBC, Al Jazeera (barangkali ada yang belum percaya kalau belum melihat di sini) dll. Baik Kongres maupun Gedung Putih juga sudah mengeluarkan pernyataan resmi mengenai PIPA dan SOPA, sebagaimana bisa dibaca sendiri dalam tautan media tadi.



Spekulasi tentang dampak negatif yang ditimbulkan oleh PIPA dan SOPA juga BUKAN HOAX, karena para penentang kedua RUU ini adalah situs-situs yang cukup dikenal luas seperti: Wikipedia, WordPress, TwitPic, reddit, mesin pencari Google dan perambah web Mozilla serta masih banyak lagi.

Situs-situs ini akan menjadi gelap gulita selama 24 jam dalam sebuah aksi menentang PIPA dan SOPA. Jadi jangan kaget jika besok tanggal 18 Januari 2012, mulai pukul 8 malam Waktu Indonesia bagian Barat (jam 8 pagi EST-Waktu Amerika Bagian Timur) situs-situs tadi akan gelap gulita. Daftar lengkap dari situs yang akan ikut serta dalam aksi Blackout ini dapat dilihat di sini.

Catatan tambahan: Beberapa situs seperti WordPress dan Wikipedia akan melakukan aksi penggelapan situs mereka terlebih dahulu. Pukul 23.30 Waktu Amerika Timur (11.30 pagi WIB), WordPress sudah gelap, sedangkan Wikipedia edisi bahasa Inggris akan memulainya pukul 24.00 tengah malam Waktu Amerika Timur (12 siang WIB).

Logika sederhananya: Jika nama-nama besar seperti Wikipedia, Google dan Mozilla saja sudah berada dalam barisan penentang PIPA dan SOPA, berarti ancaman yang sangat mengerikan seperti penutupan situs dengan semena-mena akibat PIPA dan SOPA SANGAT MUNGKIN TERJADI!

Ada pula anggapan bahwa PIPA dan SOPA hanya urusan orang Amerika saja karena RUU itu berlaku di Amerika dan tidak ada kaitannya dengan orang Indonesia. Anggapan ini keliru karena server dari situs-situs yang sering dikunjungi oleh para pengguna Internet di seluruh dunia kebanyakan berada di Amerika, jadi pasti akan terkena imbas PIPA dan SOPA. Bahkan Facebook dan Twitter sekalipun, yang masih bersikap netral dalam menilai kedua RUU itu juga tidak akan aman dari ancaman penutupan.

Jangan juga pesimis merasa tidak akan mampu berbuat apa-apa karena bukan warga AS karena sebenarnya warga dunia mampu menyuarakan pendapat mereka dengan menandatangani petisi yang ditujukan kepada Departemen Luar Negri AS melalui situs berikut ini.

Jadi teman, jangan ragu lagi akan kebenaran berita mengenai PIPA dan SOPA. Segera bertindak sebelum 24 Januari 2012!



Ulasan lebih lanjut dan cara mendukung petisi anti PIPA dan SOPA ada dalam tulisan-tulisan berikut ini:

Lapak Saya Sendiri
Lapak Cak Iwan
Lapak Mbak Niez
Lapak Cak Marto
Lapak Priyo
Lapak Cak Nono
Lapak Ohtrie
Lapak Mbak Arni
Lapak Mbak Sarah

Advertisements

55 thoughts on “Apakah SOPA dan PIPA Hoax?

Makasih ya udah kasih komen.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s