Republik Multinesia Anti SOPA dan PIPA [PENTING!]

Dear Friends,

Sudah berapa banyak video dari Youtube yang pernah teman-teman unggah ke MP? Sudah berapa banyak foto profesional yang kalian pajang di lapak MP kalian? Sudah berapa banyak lagu yang kalian sajikan di lapak Musik MP kalian (yang dulu ada, sekarang ngumpet itu)? Tahukan kalian bahwa langkah polos kalian ternyata bisa berisiko “membunuh” Multiply?

Dua buah RUU anti pembajakan yang bernama PIPA (the Protect IP Act) dan SOPA (Stop Online Piracy Act) tengah digulirkan di kongres Amerika dan jika memenuhi kuorum voting pada tanggal 24 Januari 2012 (tinggal 10 hari lagi), akan diluncurkan sebagai Undang-Undang.

Isi dari kedua UU ini adalah pemberian hak bagi para pemegang hak cipta untuk memblok akses ke situs-situs web yang dituduh telah melakukan pelanggaran hak cipta. Artinya, jika sebuah perusahaan pemegang hak cipta menuduh satu saja pengguna MP atas pelanggaran hak cipta (seperti mengunggah dan mengunduh video, musik, gambar yang hal ciptanya dia miliki), maka dia berhak menuntut Internet Provider untuk memblok akses ke MP – bahkan sebelum dinyatakan bersalah di pengadilan.

Bayangkan jika hak sebesar itu disalahgunakan. Terbukti, dengan UU hak cipta dan penyensoran yang sudah ada (tanpa ditambah PIPA dan SOPA), bahkan sudah terjadi beberapa tindakan yang lebay bin aneh, seperti pengunggah video Youtube seorang bayi yang dituntut karena mainannya mengeluarkan bunyi lagu yang berhak cipta.

Jika kita sebagai pengguna terbukti melakukan pelanggaran hak cipta, maka dapat dikenakan 5 tahun hukuman penjara. Dan ini termasuk menyanyikan lagu-lagu yang memiliki hak cipta, seperti yang pernah dilakukan Justin Beiber di Youtube yang membuatnya sekarang menjadi penyanyi terkenal, misalnya.

Ilustrasi sederhana dari diresmikannya PIPA dan SOPA sebagai UU adalah seperti ini:

Ilustrasi 1
Seorang perempuan ayu nan kenes bernama Suminten merekam suaranya dalam menyanyikan lagu Single Ladies (Put A Ring On It) yang dipopulerkan oleh Beyonce. Karena Suminten narsis akut, maka rekaman suara itu diunggah ke MP dalam sebuah postingan. Lalu, pemilik hak cipta lagu itu, mungkin si Beyonce sendiri dan Columbia Records melakukan razia pembajak dan menemukan bahwa lagu Single Ladies dinyanyikan oleh Suminten tanpa izin. Maka, si Beyonce dan Columbia Records bisa melaporkan Suminten DAN Multiply ke pengadilan. MP terancam ditutup dan Suminten kena hukuman penjara.

Ilustrasi 2
Mbak Niez si penggemar cabe pedas menonton konser Pearl Jam di Gelora Senayan, dan saking ngefansnya dia mengabadikan momen indah tersebut di kamera HP-nya dalam bentuk rekaman video. Saking girang bisa nonton Eddie Vedder secara langsung, mbak Niez lalu mengunggah video rekaman HP pribadinya itu ke MP, lengkap dengan background suara mbak Niez yang ikut menyanyi sepanjang konser. Eddie Vedder dan manajernya iseng, mau sapu bersih pembajak. Eh, ketemu video konsernya yang diunggah mbak Niez ke MP tanpa izin. Kisah selanjutnya ya sama dengan ilustrasi pertama:
MP terancam ditutup dan mbak Niez kena hukuman penjara.


Sejak berbulan2 lalu, ajakan untuk menentang UU ini sudah digemakan di Google, Yahoo, AOL, dll. Untuk mereka yang tinggal di AS dapat mengirim petisi ke anggota kongres. Lalu bagaimana dengan yang non-warga AS? Tersedia juga pilihan untuk menandatangani petisi yang dikirimkan ke Kementrian Luar Negeri Amerika Serikat.

Untuk keterangan lebih lanjut silakan membaca himbauan dari Peter Pez (CEO Multiply).

Jadi, aku mengajak teman-teman untuk menandatangani petisi yang menentang lolosnya UU penyensoran ini dengan cara sebagai berikut:

1. Masuk ke situs
Americancensorship.org
2. Scroll down/geser ke bawah ke tulisan: NOT IN THE US? PETITION THE STATE DEPARTMENT
3. Isi dengan alamat email kalian.
4. Lalu klik tanda SIGN THE PETITION
5. Selesai.

Simple banget tapi akan sangat membantu kita menyelamatkan kebebasan berkreasi dan berpendapat bukan hanya di Multiply tapi juga di Internet secara keseluruhan.

Terima kasih sebelumnya atas kesediaan teman-teman! Mari kita buktikan bahwa warga Multiply di Indonesia mampu membuat perubahan!

Jika sudah menandatangani/mengklik petisi, harap tulis di kolom komentar yaaa… biar bisa dilacak berapa orang yang sudah memberikan suaranya. Jangan lupa ajak juga teman Anda untuk turut berpartisipasi!

Ingat, kirim petisi Anda sebelum 24 Januari 2012!

Artikel terkait dan tempat diskusi yang menarik:
1. Blog mbak Irma: Republik_Multinesia_Anti_Penyensoran_PENTING
2. Blog mbak Aniezt: Republik_Multinesia_Anti_Penyensoran_PENTING
3. Blog Bung Marto: Kepada_Tiran_Kita_Mengaji_
4. Blog mas Priyo: Urgently_Needed_Learn_and_Stop_SOPA
5. Blog Maztrie: Stop SOPA dan PIPA
6. Blog Mas Iwan : [Selamatkan MULTIPLY-MU] Pertanyaan Yang Sering Diajukan
6. …. menyusul & menunggu postingan Anda.


Ajakan untuk mengubah HS yang menolak SOPA dan PIPA:


1. Blog Mbak Niez: [Selamatkan Multiply] Ganti HS
2. Blog Mbak Arni: Ganti HS Yukssss…
3.
Blog MBak Sarah: Demi Menyelamatkan “Dunia,” Saya Mengubah HS




Advertisements

206 thoughts on “Republik Multinesia Anti SOPA dan PIPA [PENTING!]

  1. ic83 said: Amerika emang payah…g ada rasa bangga maupun syukur sama skali ciptaannya diedarkan di dunia maya….

    Dalam hal ini payah, tepatnya sih para senator yg mendukung RUU itu dan konglomerat dunia media (Rupert Murdoch salah satunya).

Makasih ya udah kasih komen.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s