[Lomba] Narsisku Bahagiamu

Sahabat MPers yang tersayang, dengan niat tulus untuk meramaikan MP dengan tulisan berkualitas dan sekaligus juga untuk berbagi dengan para pedagang kecil yang banyak kita temui dalam keseharian, maka untuk pertama kalinya dalam sejarah saya mengadakan sebuah lomba. Lomba ini dibuka untuk umum, asalkan pengguna MP, tak peduli statusnya baik blogger maupun seller, bahkan kalau ada staf Mulpid yang mau ikutan ya monggo… tidak dilarang kok.

Lombanya sederhana tapi butuh keberanian, terutama dalam hal berani narsis. Sebenarnya lomba ini diilhami oleh kebiasaan Prengsinden MPID, yaitu mbak Arie yang gemar berfoto dengan menyamar menjadi pedagang atau profesi -profesi lain yang dia temui baik saat sedang jalan-jalan maupun dalam kehidupan sehari-harinya. Beruntung, saat saya mengungkapkan ide ini, dia menyambut dengan tangan terbuka, berlari mendekat, melingkari tiang listrik, dan langsung berjoget ala Bollywood.


Ketika dengan malu-malu saya menggelontorkan ide ini ke sahabat-sahabat MP lainnya, yaitu Yu Kusminah yang sering mangkal di pinggir danau Superior, serta si juragan cabe mbak Niez, ternyata merekapun menyambut dengan riang gembira sambil bernyanyi-nyanyi aduh senangnya. Lengkap sudah rasanya formasi juri kali ini, dengan mbak Arie yang jagonya bergaya di depan kamera, Yu Kusminah yang pakarnya njepret-menjepret (gak pake karet lo ya), lalu mbak Niez yang kebanyakan postingannya memiliki bentuk tulisan yang mirip dengan kriteria tulisan dalam lomba ini. Kalau saya cuma suka rame-ramenya, bagian penggembira…ha…ha…ha.

Jadi, lomba ini menuntut pesertanya untuk bergaya ala pedagang jasa/barang yang lalu difoto dan dipajang di lapak MP masing-masing. Peserta harus berpose layaknya seorang seorang penjual jasa/dagangan lengkap dengan properti asli milik si pedagang. Gayanya harus menjiwai dan menunjukkan kecintaan pada profesi tersebut. Tapi… jangan cuma foto-foto saja dong ya, harus ada nilai tambahnya.


Karena saya yakin teman-teman MPers juga sudah sangat jago menulis tentang berbagai hal, sekaligus juga supaya pembaca tidak hanya menikmati kenarsisan tapi juga menyimak cerita di balik si pedagang tadi, maka peserta juga harus menuliskan sebuah kisah nyata/profil tentang pedagang yang sudah ditirukan gayanya tadi. Menuliskan tentang apa? Ya hal-hal tentang si pedagang yang dianggap informatif dan menarik dan mungkin bisa diambil hikmahnya. Peserta diwajibkan mengambil bahan tulisan secara otentik, dari pedagang itu langsung dengan cara mengajak ngobrol si pedagang (baca: wawancara tak resmi) dan juga dengan mengamati si pedagang.

DSC_0045edit


Intinya, yang harus dilakukan oleh para peserta adalah:

1. Menulis dan meluncurkannya di Multiply (bukan di lapak sebelah lo ya, apalagi di cuit2) sebuah tulisan dengan syarat sebagai berikut:
a. Panjang tulisan tidak dibatasi, namun minimal 300 kata. Yang kurang dari itu akan didiskualifikasi. Harap menulis dalam bentuk paragraf, demi kemudahan membaca.
b. Tulisan harus dalam bahasa Indonesia (jangan bahasa Urdu ya), tapi tidak harus saklek mengikuti EYD. Gaya tulisan bebas, asalkan informatif dan isinya nyata, bukan fiksi
c. Isinya berupa profil SATU pedagang. Pedagang di sini bisa pedagang jasa maupun barang.
d. Kriteria pedagang yang diangkat profilnya:
– Pedagang kecil (modalnya, bukan orangnya lo ya), lapaknya non-permanen atau pedagang keliling
– TIDAK menjual rokok, narkoba, miras, atau produk yang berkaitan dengan rokok dan/atau narkoba dan/atau miras. Bukan profesi yang berkaitan dengan perjudian, seks komersial, dan bukan pula profesi yang melanggar hukum.
e. Tulisan dan foto tidak menjelek-jelekkan SARA.

DAN

2. Menampilkan foto narsis bergaya ala pedagang dengan penuh penjiwaan dan dengan menggunakan properti otentik milik pedagang itu dengan syarat2 sebagai berikut:
a. Minimal 3 foto dan maksimal 5 foto dalam satu postingan yang sama dengan tulisan mengenai profil pedagang tersebut.
b. Dari sejumlah foto tersebut, minimal 1 foto adalah foto narsis ala pedagang, dan 1 foto pedagang itu sendiri.

3. Aturan Teknis Lainnya:
a. Peserta adalah MPers, baik blogger maupun seller yang sudah memiliki minimal 15 postingan (total jumlah postingan blog, foto, dll.).
b. Postingan HARUS baru: baik tulisan maupun foto belum pernah diposting sebelumnya baik di MP maupun media lain.
c. Postingan dapat dilakukan melalui BLOG atau FOTO, sesuai dengan keinginan masing2 peserta. Namun, jika memasangnya di blog, harap sediakan ukuran foto yang cukup besar dan pengaturan lay out yang rapih agar juri dapat lebih nyaman dalam melakukan penilaian.
d. Postingan harus mencantumkan judul lomba seperti ini: [Narsisku Bahagiamu] Judul Tulisan.
e. Postingan harus menyertakan tautan lomba ini di akhir tulisan.
f. Peserta harus menyetorkan hasil tulisan berupa tautan postingannya di SINI.
g. Postingan yang sudah disetor tidak boleh diedit. Juri hanya akan menilai postingan yang pertama kali diluncurkan.
h. Peserta boleh menyetor lebih dari satu postingan untuk mengikuti lomba ini, namun dibatasi maksimal 5 postingan.
i. Lomba dimulai tanggal 3 November 2011 pukul 6.00 WIB dan ditutup tanggal 12 Februari 2012 pukul 24.00 WIB alias jam 12 tengah malam WIB. Panitia tidak menerima setoran lagi setelah batas waktu tersebut di atas.
j. Pemenang akan diumumkan tanggal 29 Februari 2012, paling lambat pukul 23.59 WIB.

Kriteria Pemenang:
1. Memenuhi aturan main.
2. Tulisannya informatif, kreatif, orisinal, dan menarik.
3. Penjiwaan model foto/peserta dan kreatifitas dalam mengambil gambar.

HADIAH:

Pemenang 1 –> Rp. 1 juta = Rp. 500 rb dan bingkisan menarik buat pemenang
+ Rp. 500 rb buat pedagang


Pemenang 2 –> Rp. 600 rb = Rp. 300 rb dan bingkisan menarik buat pemenang + Rp. 300 rb buat pedagang

Pemenang 3 –> Rp. 400 rb = Rp. 200 rb dan bingkisan menarik buat pemenang + Rp. 200 rb buat pedagang

Tersedia juga hadiah-hadiah menarik bagi para peserta dengan kriteria yang masih dirahasiakan. Harap pantau terus lapak setoran peserta untuk menyimak siapa saja yang mendapat hadiah kejutan.

Karena panitia ingin agar pedagang yang diangkat profilnya juga menikmati hadiah, maka para pemenang 1, 2 dan 3 WAJIB menuliskan liputan mengenai pemberian hadiah kepada pedagang tersebut dan memuatnya di MP.

Sponsor Hadiah: Panitia dan siapapun yang bersedia memeriahkan acara ini. Harap hubungi kami jika berminat memeriahkan acara dengan menjadi sponsor. Kami akan menerima dengan tangan terbuka (tentu saja..hi…hi).

Segala pertanyaan mengenai lomba harap diajukan di sini saja, JANGAN DI LAPAK SETORAN, apalagi di lapak orang lain. Itu nyasar namanya.

becak ngiyup

Salam manis selalu,

Panitia:

Irma (Penuhcinta)
Sri Sariningdyah (Srisariningdyah)
Evia N.K. (Enkoos
)
Rengganiez (Rengganiez)

Foto-foto adalah hasil jepretan Yu Kusminah dan koleksi pribadi mbak Arie.

Isi pengumuman lomba ini dapat berubah, sesuai dengan situasi dan kondisi (ada tambahan hadiah, ada aturan tambahan, revisi, dsb). Keputusan panitia tidak dapat diganggu-gugat.

Advertisements

341 thoughts on “[Lomba] Narsisku Bahagiamu

  1. bunda2f said: ealaaahh, udah baru tahu ada lomba ini, ketinggalan banget yaaahm, siapa ya yg mo dijadiin objek?

    Hi…hi.. lebih baik telat tahu drpd gak tahu sama sekali kan Bun? Silakan siapa aja boleh asal memenuhi syarat. Ditunggu lo setorannya.

  2. myelectricaldiary said: aluhaaaaaaa the junorsss,,eyke udah setor dua link tuuhhh..tulung ditinjau kembali,, apakah layak diperbincangkan sebagai peserta ;-p

    Oh ya? Akan segera ditinjau ya, Raya. Jurinya lg pada kabooorrr… liburan…he…he.

  3. moestoain said: Kalau sopir bus termasuk pedagang tidak?

    Pedagang jasa sih Moes. Tapi aku cenderung bilang bukan termasuk pedagang kecil. Soalnya kalau dia bekerja utk perusahaan, maka itu namanya pegawai. Padahal yg dituju di lomba ini lebih ke pengusaha kecil (bermodal kecil). Sedangkan kalau busnya milik sendiri, berarti bermodal cukup besar dong. Supir ojeg atau becak masih bisa deh.

  4. cindil said: Waduh, foto nya minimal 3 ya? *nguplek cari foto 1 lagi*Ada nya cuman 2 nih *nangis kenceng*…..

    Hi…hi…hi… silakan berburu lagi…. *ngasih sapu tangan warna pink*

  5. enkoos said: warna huruf di themenya pink, sama dengan latarnya, jadi gak kebaca. Musti diblok dulu baru bisa kebaca.

    Loh, mosok sih? Bukannya kalau tulisannya pink, latarnya item. Sebaliknya pas latarnya pink, tulisannya item?

  6. penuhcinta said: Loh, mosok sih? Bukannya kalau tulisannya pink, latarnya item. Sebaliknya pas latarnya pink, tulisannya item?

    yang di quote tidak begitu. coba dilihat komen2 sebelumnya.

  7. enkoos said: yang di quote tidak begitu. coba dilihat komen2 sebelumnya.

    Ooohhhhhhhhhhh……….. kalau ngelink ya? Ngerti deh aku. Ha…ha…ha…pantesan pada protes ilang2. Yaaa… alamat aku harus cari theme yang lain deh.

  8. penuhcinta said: Ooohhhhhhhhhhh……….. kalau ngelink ya? Ngerti deh aku. Ha…ha…ha…pantesan pada protes ilang2. Yaaa… alamat aku harus cari theme yang lain deh.

    yang protes gak dapet gelas.

  9. penuhcinta said: Hua…ha…ha… aku baru login lagi, ternyata Yus Kusminah juga! Ha…ha…ha… kok bisa bareng? Teng tong!

    hehehehhee…soalnya lagi nyari nyari sesuatu.

Makasih ya udah kasih komen.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s