Musim Tornado dan Hujan badai

Dulu, waktu aku belum “nyasar” di mari, pas lihat berita kebanjiran di Ngamrikah suka gak percaya dan pasti berkomentar, “Lah, Amrik bisa banjir juga yak?” seolah banjir itu cuma jatah negara2 dunia ketiga seperti Bangladesh atau negara kita sendiri yang ibukotanya rutin disambangi banjir.

Begitu sampai dan merasakan hidup di sini kemudian aku paham bahwa kondisi geografis dan cuaca di sini sesungguhnya sangat rawan bahaya. Di pesisir barat misalnya, dimana terdapat California dkk., sudah terkenal rawan gempa bumi. Sedangkan bagian bawah tepatnya di bagian tenggara, rawan dengan topan badai dan yang paling terkenal adalah Katrina yang efek kehancurannya masih belum bisa dipulihkan sampai sekarang (daerah yg terkena belum sepenuhnya direhabilitasi). bagaimana dengan yang di tengah-tengah? Daerah mid-west sering kali dilanda hujan badai, banjir, dan tornado. Dan kejadian tornado terakhir, tgl 27 April lalu, membawa korban sampai dengan lebih dari 300 org meninggal. Obama sampai melayat ke Alabama krn ini termasuk bencana alam yg memakan jumlah korban terbanyak nomor dua di ngamrikah.

Musim semi yang seharusnya menjanjikan keceriaan justru sebenarnya adalah the deadliest season karena pada musim semi sering terjadi tornado dan hujan badai, dan itu terjadi setiap tahun, meski frekuensinya berbeda2. Petbedaan suhu udara dan kontur daratan Amrik yang sangat beragam (dr gunung sampai gurun ada semua), merupakan sebab sederhana kenapa bisa banyak tornado di musim semi. Tapi ada yg bilang sebabnya lebih rumit dari sekedar hal2 itu. Apapun sebabnya, yg jelas tornado adalah gejala alam yang paling horor buatku.

Hari Kamis kemarin itu kota kami dilanda hujan badai atau thunderstorm yang menyeramkan. Hujan disertai angin kencang serta petir yang menggelegar berlangsung cukup lama. Yang menegangkan, selama dua hari berturut2 yaitu Rabu dan Kamis, sirene tornado meraung2 memperingatkan penduduk bahwa ada kemungkinan tornado akan melewati C’dale.

Kalau masih hujan badai, aku masih belum begitu takut. paling2 takut kalau mati lampu. Tapi kalau sampai tanda peringatan tornado dinyalakan, itu bisa bikin aku takut banget. Gimana gak takut, tornado susah diperkirakan pergerakannya, suka2 dia aje deh mau lari ke mana dan saat bergerak2 itu sebuah tornado bisa cepat sekali, yg kemarin aja 60 mil per hour alias sekitar 120 km/jam. Yang mau lihat kayak apa tornado, bisa lihat di marih.

Jadi ada dua jenis peringatan tornado, yang pertama adalah tornado alert dan kedua adalah tornado warning. yang alert artinya kita harus waspada sedangkan yg warning artinya kita harus cepat2 lari ke tempat aman. Kedua tanda peringatan ini bisa kita dapatkan dari televisi. Bukan dr acara ramalan cuaca atau Weather Channel (iya… ada satu stasiun yg isinya cuma tentang cuaca!), tapi stasiun TV lokal yang biasanya akan memberi tanda peringatan dengan bunyi, “Tuuuut…tuuuut…tuuut” dan memberitahukan daerah2 mana saja yang akan terkena tornado, thunderstorm atau banjir. Tapi untuk tornado warning, biasanya bukan hanya TV yg memberi peringatan tapi juga sirene tornado yang dipasang di tempat2 strategis dan akan meraung dengan sangaaaat nyaring. Udah mirip jaman perang aja.

Yang harus dilakukan saat sirene berbunyi adalah berlari menyelamatkan diri menuju tempat aman. Basement atau ruang bawah tanah adalah tempat ideal untuk mengamankan diri. Tapi kalau gak punya basement, maka disarankan berlindung di kamar mandi, tepatnya di dalam bath tub (bak mandi) yang strukturnya dianggap paling mantap, gak akan diterbangkan angin tornado. Tapi posisi kita harus menelungkup dan di atasnya harus ditutupi kasur/matras/bantal/ untuk melindungi dari benda2 yg terlempar. Disarankan juga untuk menjauhi jendela kaca dan mencari ruang yg strukturnya paling kuat dan terututup (gak ada jendelanya) kalau tak bisa ke basement atau bath tub. Kalau lagi di dalam mobil, disarankan segera ke luar dan mencari parit untuk berlindung.

Selain tempat berlindung, penduduk di daerah rawan bencana juga disarankan untuk selalu siap dengan kotak emergency/darurat yang isinya: radio (untuk memantau keadaan), senter, air minum dan makanan (kalengan) utk beberapa hari, perlengkapan P3K dan obat2an yg diperlukan, selimut. Jadi kalau terpaksa terjebak di tempat berlindung, masih bisa mengandalkan kotak emergency tersebut.

Pengetahuan tentang tornado ini cepat tersebar luas karena posternya ada dimana2. Dulu aku pertama kali “berkenalan” dengan tornado adalah dari sebuah poster di ruang cuci pakaian. Di ruang dokter juga ada dan disediakan contoh kotak darurat.

Selain tornado, banjir juga kerap menimpa wilayah mid-west karena banyaknya suangai yang pasti meluap jika hujan berlangsung lama dan deras. Bulan April tahun ini, hujan begitu hebohnya sampai2 curahnya 4 kali lipat dari curah hujan rata2 di wilayah ini. Gak heran, banyak kota2 tetangga yang kebanjiran dan siap2 kebanjiran. Kota2 yg udah kebanjiran, penghuninya banyak yg mengungsi ke kota kami. Sedangkan kota2 yang kabarnya akan kebanjiran sudah siap2 dengan membuat tanggul darurat dari karung2 yg diisi tanah.

Bagaimana dengan kami? Mudah2an baik2 saja ya, gak terkena bencana apapun.

Gambar diambil tanpa izin (dasar deh) dari : http://thelede.blogs.nytimes.com/2008/06/13/a-remarkable-photo-from-tornado-country/

Advertisements

46 thoughts on “Musim Tornado dan Hujan badai

  1. Di sana sirene benerT aman yaa di pasang di tempat strategis.Duuh di sini sirene buat peringatan klo kemungkinan tsunami ajah bakalan ilang klo gak ada yg jagain.Trus juga soal penyuluhan becana. Masih banyak yg ngeyel dimari.Walau efek becana pastinya bakalan ada juga.Btw klo liat pilm twister n yg tentang angin tornado serem liat angin bergulung-gulung.Mending naek tornado d dufan ajah, yg efeknya paling muntah karena pusing.. πŸ˜€

  2. nitafebri said: Di sana sirene benerT aman yaa di pasang di tempat strategis.Duuh di sini sirene buat peringatan klo kemungkinan tsunami ajah bakalan ilang klo gak ada yg jagain.Trus juga soal penyuluhan becana. Masih banyak yg ngeyel dimari.Walau efek becana pastinya bakalan ada juga.Btw klo liat pilm twister n yg tentang angin tornado serem liat angin bergulung-gulung.Mending naek tornado d dufan ajah, yg efeknya paling muntah karena pusing.. πŸ˜€

    Di sini pengeras buat sirene ditaruh di tiang tinggi yg kokoh dan kayaknya sih gak ada org sini yg kepikiran utk nyolong, wong keselamatan org banyak taruhannya. Lagian pasti ancaman hukumannya gede banget kalo ketahuan, dan di sini yg namanya kamera pemantau ada dimana-mana.Oya, contoh tornado yg mungkin lbh dikenal dan diinget org ya di film Twister itu Nit. Ya serem kayak gitu deh, bisa tiba2 jatuh mobil dr langit. Hancur berantakan gak karuan deh spt yg di kota Tuscaloosa, Alabama kemaren deh.

  3. agamfat said: Tornado dan banjir makin dahsyat, tapi Republik masih percaya climate change itu khayalan ya

    Bah, org Republican sih ibarat manusia goa aja Gam. Kemaren ini si Obama sampe2 ngadain konferensi pers dan mempublikasikan akte kelahirannya gara2 org Republikan banyak yg gak percaya kalau dia lahir di sini. Aneh banget deh org2 republican dan tea party itu, spt katak dlm tempurung.

  4. tintin1868 said: waduh semoga selamat semua ya.. musibah kita ga bakalan tahu.. tapi ku tahu kalu di amerika itu ada tornado, kemaren baca koran korbannya sudah 300an ya?

    Aaamiin, makasih Mbak. Iya, sudah lebih dr 300 dan ribuan kehilangan tempat tinggal. Pemerintahnya tambah bingung, lg bangkrut, dirongrong partai republik, eh ada bencana begini.

  5. aghnellia said: serem banget yaah..dah pernah kejadian di kota mba irma (btw nama kota tempat mba irma tingggal apa sih? C’dale? Di negara bagian apa? )

    Belum pernah kayaknya Mel, cuma nyaris aje krn jalurnya tornado diramalkan lewat sini. Carbondale, Illinois. C’dale mah biar pendek aje.

  6. tintin1868 said: cobaan selalu ada.. dimari juga lagi banjir..

    Iya Mbak, bedanya cara menghadapinya toh. Mudah2an kita semua terhindar dari bencana dan mara bahaya… aaamiiin.

  7. Semoga baik2 aja ya mbak……Di manapun keknya gak lepas dari namanya bencana. Di negeri yang sekarang saya tinggali juga tempat langganan gempa nih, mana datangnya gak pake bilang2 hehehe. Selain itu, di perbatasan dekat Irak malah suka ada badai pasir, biasanya debu akan berterbangan di langit…Anyway..dimanapun kita, semoga tetap berada dalam lindunganNya ya mbak…

  8. Suka kagum ama orang-orang yg ngejar-ngejar itu Tornado, padahal bahaya ada di depan mata.Salah seorang temen yg tinggal di Tulsa juga cerita kalau ada peringatan akan adanya bahaya Tornado, mereka dah lari aja ke basement, sambil bawa passport.

  9. penuhcinta said: Mudah2an baik2 saja ya, gak terkena bencana apapun.

    aamiin!!! gegara nonton Twister saya jadi punya cita2 pengen punya bunker sendiri..

  10. sophiazahra said: Semoga baik2 aja ya mbak……Di manapun keknya gak lepas dari namanya bencana. Di negeri yang sekarang saya tinggali juga tempat langganan gempa nih, mana datangnya gak pake bilang2 hehehe. Selain itu, di perbatasan dekat Irak malah suka ada badai pasir, biasanya debu akan berterbangan di langit…Anyway..dimanapun kita, semoga tetap berada dalam lindunganNya ya mbak…

    Aaaaminn. Makasih doanya ya. Iya, sekarang di seluruh dunia tampaknya bencana alam makin meningkat frekwensinya, kurasa ya krn climate change. Manusia makin gak ramah sama alam, maka sekarang saatnya menuai akibatnya. Kalau gempa kayaknya sih emang gak ada hubungannya ya, krn pergerakan lempeng atau vulkanis.

  11. rinita said: semoga Irma dan keluarga baik baik saja….Amin YRA

    Aaaamin. Makasih Rin! Iya, jangan kenapa2 lah biar bisa pulkam dan ketemuan sama dirimu dan teman2 lainnya!

  12. nonragil said: Suka kagum ama orang-orang yg ngejar-ngejar itu Tornado, padahal bahaya ada di depan mata.Salah seorang temen yg tinggal di Tulsa juga cerita kalau ada peringatan akan adanya bahaya Tornado, mereka dah lari aja ke basement, sambil bawa passport.

    Oya, ada acara TV-nya di sini: Storm Chaser. Mereka malah senang kalau ada tornado yang terbentuk dan touch down. Temennya Mbak Helene beruntung tinggal di rumah yg ada basement (kalau apartemen jarang yg ada basement-nya). Iya, passport termasuk yg wajib dibawa, kayak aku pas ada alarm kebakaran bunyi (false alarm), ke luar apartemen pake bawa laptop dan passport.

  13. rikejokanan said: Iya, aku juga masih kepikir Amerika itu gak ada bencana ngalam, yang ada cuma dar der dor geto, Mbak…Baik2 yya, Mbak…

    Heleh… ada banyak juga tuh penembak gila macam di Virginia Tech, orang stress yg nembakin org lain terus bunuh diri. Terakhir kemarin ada anak TK bawa pistol ke sekolah dan pistolnya jatuh dr tas, terkokang dan melukai 3 anak. Gila kaaaan.

  14. duabadai said: aamiin!!! gegara nonton Twister saya jadi punya cita2 pengen punya bunker sendiri..

    Aaaamiinn.. makasih Di. He…he… di sini sih basement kayaknya udah mencukupi. Kalau di Indonesia gak pernah kan ada tornado? Tapi ada lasut (hasil info dr Mbak Niez).

  15. rikejokanan said: Itu yang bikin aku ngeri tentang Amrik, Mbak: kekerasan baik fisik maupun mental. Nek natural disaster kan emang dimanapun ada.

    Ke, kejadian kayak gitu sih terbilang jarang dibanding dengan kriminalitas di Jakarta yg bisa sampai bacok2an juga. Beda senjatanya aja kan? Kalau kekerasan mental, aku sih belum mengalami, yg paling aku cemaskan adalah bullying terhadap anak2ku. Tapi aku selalu jd ortu cerewet yg wanti2 ke gurunya tentang kemungkinan bullying ini.

  16. Oh, frekuensi itu yang aku baru tahu soalnya kalau nonton film bikin aku keder, Mbak… Bullying disini juga banyak tapi sepertinya antisipasinya jauh lebih jelek dibanding di Amrik, secara disini ortu gak menganggap itu hal penting. *sigh

  17. rikejokanan said: Oh, frekuensi itu yang aku baru tahu soalnya kalau nonton film bikin aku keder, Mbak… Bullying disini juga banyak tapi sepertinya antisipasinya jauh lebih jelek dibanding di Amrik, secara disini ortu gak menganggap itu hal penting. *sigh

    Sebaliknya Ke, mereka yg di sini juga keder karena berita bom di Indonesia. Sama tha? Ha…ha…ha. Dibutuhkan lebih dari sekedar mengintip lewat film atau media massa mainstream untuk mengenali suatu negara dan bangsa.Di sini sudah sampai tahap anak mengalami pelecehan sampai bunuh diri soalnya Ke, makanya sekolah2 banyak yang serius menanggapi soal bullying. Belum lagi perkelahian pelajar sampai tembak2an, bunuh2an (ini di kota2 besar rawan kriminalitas spt Chicago). Loh, kok aku jadi malah nakut2in. He…he… kalau di kota kecil spt. kotaku ya adem anyem Ke.

  18. debapirez said: amien… iya, liat di CNN agak ngeri juga ya. lbh serem lg kalau ngeliat di Most Amazing Video. horor euy….

    Iya, Ded. Lebih horor Sadako sih, tp kan Sadako gak beneran, kalo tornado sih beneran.

  19. rikejokanan said: aduuh… enake manggon ning endi yo? kota kecil ntar jadi kota besar hi hi hi

    Ndak Ke. Di sini perubahan spt itu jarang terjadi krn sudah ajeg pola ekonominya. Yg kota kecil atau desa tetap jadi desa karena para petaninya dilindungi dan dibantu dengan pinjaman2 ringan untuk beli traktor dan alat2 pertanian lainnya. Pengusaha kecil yg buka toko2 juga dilindungi dan sampai sekarang yg namanya hyper market spt walmart gak ada yg masuk di pusat desa, semuanya di pinggiran supaya gak mematikan toko2 biasa dan farmer’s market. Itu aja masih diprotes keras dan ditentang sama org2 yg idealis (pada gak mau belanja ke WalMart).

  20. anotherorion said: potone ketoke apik ning mbahayani banget kuwi n_n”

    Iya, untung bukan aku yg motret… karena kalo aku pasti udah ngumpet di kamar mandi, gak berani ngintip2 ke luar jendela.

  21. anotherorion said: he tapi wis lumayan yo sosialisasinya opo2 wae sik kudu disiapke nyang kotak emergency apik kuwi nek diterapkan neng daerah rawan banjir po gempa

    Iyo, aku rasa asal ada niat baik dr yg memang seharusnya melakukan hal2 tsb (pemerintah he..he), mustinya bisa kok tindakan antisipasi dilakukan. Mulai dr sosialisasi lwt berbagai media. Anak2 di sekolah juga diajarkan dan dilatih bagaimana harus bertindak saat keadaan darurat. Sekedar tambahan Yo, di sini ada satu kota yang diramalkan akan terkena banjir besar hari Selasa besok. sejak jauh hari penduduk mulai diungsikan dan hari Sabtu kemarin walikotanya menetapkan wajib evakuasi utk seluruh warganya, jadi sejak Sabtu udah kosong tuh kota dan itu juga pakai di sweeping lagi oleh polisi dengan mengecek dari rumah ke rumah. Kerugian material sudah dijanjikan akan diganti sepenuhnya oleh pemerintah. Kalau daerah itu ketahuan rawan bencana setiap tahun, maka pemerintahnya akan membayari semua penduduk untuk bedol desa, jd satu desa dipindah ke tempat lain shg masyarakat yg biasanya sudah saling kenal dan akrab gak misah2.Kesannya aku memuji2 mereka banget ya…he…he. Sistemnya memang sudah bagus sih, kalau maslah individunya lain lagi ya.

  22. anotherorion said: ha nangkene sik maju cangkem pejabate thok kok, malah jumpa fans nang daerah bencana n_n”hadeh muga2 ndang liwat 2014 deh wis bosen ndelok pejabate sik saiki

    Wisata bencana ya jadinya? Ah sedih dan frustasi rasanya. 2014 jadi terasa lama banget ya.

  23. ini hebatnya amrik dan negara2 maju yasemoga kota dan keluarga sehat dan aman2 saja ya bunsedih diindonesia yg sangat rawan bencana blm ada sprt itumo gimana? pejabat asyk dng yg aneh2 πŸ™‚

  24. rosshy77 said: ini hebatnya amrik dan negara2 maju yasemoga kota dan keluarga sehat dan aman2 saja ya bunsedih diindonesia yg sangat rawan bencana blm ada sprt itumo gimana? pejabat asyk dng yg aneh2 πŸ™‚

    Aaamin, makasih ya Ros. Moga2 kami gak terkena bencana apapun. Iya, sistemnya di sini udah bagus. Itu aja rakyatnya masih ada yg nuntut ke pengadilan waktu tanahnya yg kena bencana gak diganti dengan sesuai oleh pemerintah setempat.

  25. penuhcinta said: Itu aja rakyatnya masih ada yg nuntut ke pengadilan waktu tanahnya yg kena bencana gak diganti dengan sesuai oleh pemerintah setempat.

    busyett..bagus amirIndonesiaku kapan yah mau concern begini?gak usah ganti rugi pun, at least pemerintah concern dng kebutuhan masyarakatnyamimpi kali yee

  26. rosshy77 said: busyett..bagus amirIndonesiaku kapan yah mau concern begini?gak usah ganti rugi pun, at least pemerintah concern dng kebutuhan masyarakatnyamimpi kali yee

    Butuh waktu Ros, meski kita2 udah gak sabar lagi krn masalah udah makin menggunung. Nomor satu hapuskan korupsi, itu aja dulu deh. yang lain2 akan mengikuti.

Makasih ya udah kasih komen.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s