Order Yang Lain Daripada Yang Lain

Hari Senin minggu depan, Imo akan mengikuti tes resmi negara bagian Illinois untuk semua anak kelas 3, 4, 5 dan seterusnya. Tes ini disebut ISAT, yg terdiri dari tes matematika dan kemahiran membaca. Aku sebagai emaknya tentu saja deg2kan, padahal anaknya justru tenang2 aja. Maklumlah, ini bisa dianggap tes resmi pertama yang akan diikutinya. Dulu waktu kelas 2 pernah ikut tes Iowa, dan hasilnya cukup bagus. Tapi kayaknya ISAT lebih resmi, karena ortu pakai dibriefing segala dan dikasih lembaran latihan.

Selama tes yang berlangsung selama dua hari, anak2 ini akan diberi camilan. Dan seperti biasanya, sekolah akan meminta bantuan sumbangan panganan dari orang tua murid. Aku termasuk yang tadinya ingin menyumbang camilan kardusan yg bisa dibeli di supermarket, seperti yang tertera di daftar camilan utk ISAT yang dibagikan ortu murid.

Tapi, kemarin siang Imo bilang begini, “Mama, bisa gak bikin spring rolls (lumpia) buat tes ISAT?”

Karena tahu banget wataknya Imo, aku langsung tembak, “Imo nawarin ke Mrs. Ross ya?”

“Iya, tapi hanya kalo Mama bisa. It will be a secret for my friends. Jadi cuma Imo dan Mrs. Ross saja yg tahu. Teman2 Imo gak ada yg tahu.”


Tuh kan. Ini anak suka berinisiatif deh. Bagus sih, tapi kalau sampai melibatkan mamanya yg manis tapi malas ini, ya berabe dong. Yang bakal ketempuhan repotnya kan aku. Tapi kemudian aku ingat kalau aku memang pernah “menjanjikan” akan bikin kue buat anak2 di kelas Imo. Itu lo, waktu tragedi sushi yg juga pernah aku tulis di sini.

Ya sudah, aku iyakan saja permintaan Imo ini. Lalu aku tanya lagi, “Bikinnya berapa ya Nak? Ada berapa anak di kelasmu?”

“Ada 23 anak, dan Mrs Ross maunya tiap anak dikasih 2 dan dia sendiri pesan 4. jadi semuanya 50.”

Hah? Hah? 50 lumpia? Alamak! Pengsan. Enggak ding…he…he. Cuma kebayang aja lamanya menggulung2 70 (20 buat di rumah dong ah) kulit lumpia.


Foto: Koleksi pribadi dan bukan gambar lumpia…ha..ha…ha. Nemunya risoles, ya udah, risoles aja ya!

63 thoughts on “Order Yang Lain Daripada Yang Lain

Makasih ya udah kasih komen.

