Dari Musim ke Musim

Time flies, kata orang sini. Ye…yang bilang merangkak sape? Kagak ade juga kan? Tanpa terasa tahu-tahu udah masuk musim gugur aje. Tandanya ape? Banyak sih selain yang ketoro nyoto kayak daun2 berguguran. Sebelum pada gugur, daun2 entu berubah warna dulu sesuai jenis pohonnya. Ada yang berubah jadi kuning, coklat, merah darah dan oranye. Sapa nyang ngecetin tuh atu2 daun di pu’un? Bukan ane sih, sumpe deh. Biarpun ane setengah pengangguran, tapi gak seiseng itu.

Jadi, seiring dengan berakhirnya musim panas, sinar matahari mulai berkurang. Siangpun makin pendek dan malam cepat datang. Pohon2 pun ngerti deh kalo udah ganti musim dan mereka menutup “dapur” mereka yang letaknya di dedaunan dan siap2 istirahat panjang dengan berbekal persedian makan yang mereka kumpulkan saat musim panas. Krn gak masak2 lagi, si klorofil yg tugasnya membantu proses fotosintesis pun menghilang. Berhubung si klorofil ini juga yg bikin daun2 jadi hejo pas musim panas, dengan menghilangnya doi, maka daun2 pun berubah warna. Sisa2 makanan yg ada di daun dengan adanya sinar matahari dan udara dingin di malam hari pun mengubah daun jadi merah, kuning, coklat, bahkan ungu.

Gitu deh penjelasan sederhananya. Makanya, musim gugur termasuk musim favoritku untuk berburu foto2 daun di pepohonan. Heran juga kenapa aku gak bosan menemui musim yang satu ini. Padahal sih kalau mau dibawa bersendu2, musim gugur itu kan pertanda akan tiba musim dingin yang artinya kegiatan outdoor jadi lebih terbatas, harus pakai baju lapis2 sampai jadi kaku kayak robot, mau pergi2 susah kalau ada salju, jadi sering bangkis dan batuk2 karena udara jadi kering yg juga bikin kulit jadi keriput dan pecah2. Tapi…seiring dengan berjalannya waktu, aku makin ‘menerima’ pergantian musim yang terjadi dan kualami selama ada di sini. Caranya? Pikirkan saja hal-hal yang menyenangkan dari musim tersebut.

Buat aku, musim gugur itu artinya;

* Saat tepat buat piknik, karena matahari masih terang, langit masih cerah, tapi gak panas sama sekali…malah suejuuk..suejuuukk.

* Banyak obyek foto di alam; dari mulai daun yang berubah warna, tumpukan daun berguguran, dan juga perayaan festival2.

* Banyak festival yang berhubungan dengan perubahan musim dan masa panen. Di sekolah Imo dan Darrel diadakan Pumpkin Fest dan Harvest Fest yang bentuknya kayak karnival kecil2an di mana ruang2 kelas diubah jadi arena permainan sederhana dan kalau menang dapat hadiah. Seperti tahun2 sebelumnya, aku berencana menyumbang cake dan dessert untuk sekolah anak2ku yang nantinya akan mereka manfaatkan sebagai hadiah untuk permainan Cake Walk.

*Ada Halloween dan Thanksgiving. Meskipun kami gak lagi ikutan trick or treating, tapi suka aja liat dekorasi di rumah2 penduduk sini yang seru dengan balon2 berbentuk tokoh kartun, hantu2, dan juga nisan2 bo’ongan. Kalau mau iseng sih,bisa juga datang ke mall pas Halloween dan liat kostum2 lucu yg dikenakan anak2. Selain itu, ada banyak juga alternatif acara untuk anak2 yang bisa kami datangi dengan gratis! Salah satunya adalah arena inflatables atau balon lompat2an yang digelar di depan sebuah pertokoan tiap tahun menjelang halloween. Ada juga acara mendayung perahu di danau di taman Evergreen yang sempat juga kami ikuti.

Untuk Thanksgiving, biasanya kami ikutan dinner di rumah bosnya suamiku dan karena pestanya termasuk jenis pot-luck, maka aku suka aja krn ada kesempatan menguji nyali mereka ala Fear Factor dng membawa makanan2 tradisional Indonesia..ha..ha. Gak ding…gak bawa yang aneh2 kok. Tercatat yg pernahkubawa adl susis solo, mpek2 Palembang, dan makaroni panggang. Yang terakhir malah bukan makanan Indonesia.

*Ada Black Friday; arena banting harga diskon besar2an yang terjadi pada pagi setelah Thanksgiving night, dimana toko2 pada buka jam 4 atau 5 pagi dan diserbu pembeli yang udah ngantri dari siang hari sebelumnya. Sejujurnya, aku belum pernah ikutan Black Friday sampe nginep2 segala. Paling juga suamiku datang jam 7-an (udah telaaaatt) dan liat2 barang yang tersisa. Bukan apa2, dinginnya itu yg gak nahan. Biasanya akhir November sih suhu sudah mendekati atau di bawah nol.

Jadi, musim gugur? Siapa takuuutttt.

Advertisements

37 thoughts on “Dari Musim ke Musim

  1. ayanapunya said: aaggghhh…saya juga penggemar musim gugur mba..walau cuma bisa liat di tivi doang :))

    Salaman dulu dong. Kalau tampilan di film, pasti keliatannya indah aja…padahal sih..he..he.

  2. penuhcinta said: Salaman dulu dong. Kalau tampilan di film, pasti keliatannya indah aja…padahal sih..he..he.

    padahal apa mba? suka liat daun-daun coklat yang berguguran itu soalnya ^_^tapi kayaknya kasian petugas kebersihannya ya…hihihi

  3. ayanapunya said: padahal apa mba? suka liat daun-daun coklat yang berguguran itu soalnya ^_^tapi kayaknya kasian petugas kebersihannya ya…hihihi

    Buat yang punya rumah berhalaman luas dengan banyak pohon, musim gugur jadi bikin banyak kerjaan krn mereka harus membersihkan daun2 yg berguguran. Biasanya sih mereka mengerjakannya sendiri krn kalo bayar orang pasti mahal. Tapi, kalo yg tinggal di komplek apartemen kayak aku sih biasanya pembersihan daun, pemotongan rumput di musim panas, dan pembersihan salju di musim dingin dilakukan oleh pihak pengelola apartemen. Bersihkan daun biasanya pakai blower, jadi dikumpulkan jadi satu sebelum diserok ke karung2 plastik.

  4. trasyid said: kayaknya banyak hal menyenangkannya, mba.. 😉

    Mudah2an begitu adanya ya Guh. Aku memang termasuk yg suka musim2 peralihan spt musim gugur dan musim semi, meskipun biasanya juga pasti kena flu dan alergi selama masa2 tsb.

  5. trasyid said: amiin.. ooh ada alergi toh, mba.. memang kalo ada alergi itu susah..

    Kalo musim semi banyak polen Guh, serbuk sari yg bikin alergi. Kalau musim gugur ada hay fever, dari jerami yg jg bikin alergi.

  6. penuhcinta said: Thanksgiving night, dimana toko2 pada buka jam 4 atau 5 pagi dan diserbu pembeli yang udah ngantri dari siang hari sebelumnya

    toko buka pagi buta? dan sudah pada ngantri siang sebelumnya? sore dan malam kemping dong ya.. apa sih yang dicari? diskon? waduuuuuhhh.. mending yang jual brodong ganteng gitu bisa dipesen buat mijitin ku mau deh..

  7. penuhcinta said: Buat aku, musim gugur itu artinya;

    kalu buatku artinya:1. sinus kambuh, jadi bersin2 setiap hari2. mimisan3. kudu olahraga4. banyak cucian5. ga bisa kemanamana6. ini yang asik, masakmasak teruuuuuusss sampe gembul..

  8. tintin1868 said: toko buka pagi buta? dan sudah pada ngantri siang sebelumnya? sore dan malam kemping dong ya.. apa sih yang dicari? diskon? waduuuuuhhh.. mending yang jual brodong ganteng gitu bisa dipesen buat mijitin ku mau deh..

    Iya Mbak, diskonnya gede2an soalnya. Katanya sih diskon terbesar sepanjang tahun. Ini dianggap sbg hari pertama belanja buat cari hadiah natal. Hi…hi…hi…tadi ada brondong kayaknya ganteng (dr jauh liatnya soalnya) yg lari siang bolong topless! Aku mau ambil fotonya dng gaya ngintip dr jendela…eh…doinya keburu masuk rumah. Lolos deh!

  9. tintin1868 said: kalu buatku artinya:1. sinus kambuh, jadi bersin2 setiap hari2. mimisan3. kudu olahraga4. banyak cucian5. ga bisa kemanamana6. ini yang asik, masakmasak teruuuuuusss sampe gembul..

    Ha..ha…ha…sama kayak Darrel dong yg tiap fall dan winter pasti mimisan. Tapi masih bisa kemana-mana ah…kalau udaranya gak terlalu dingin dan gak ujan sih biasanya aku masih pergi2.

  10. tintin1868 said: kalu buatku artinya:1. sinus kambuh, jadi bersin2 setiap hari2. mimisan3. kudu olahraga4. banyak cucian5. ga bisa kemanamana6. ini yang asik, masakmasak teruuuuuusss sampe gembul..

    Banyak cucian kenapa atuh? Bukannya ada mesin cuci yang sekaligus pengering? Kalau masak2 sih itu dia yg bikin beratku pasti nambah tiap musim gugur dan musim dingin. Naseeebbb.

  11. penuhcinta said: Banyak cucian kenapa atuh? Bukannya ada mesin cuci yang sekaligus pengering? Kalau masak2 sih itu dia yg bikin beratku pasti nambah tiap musim gugur dan musim dingin. Naseeebbb.

    iya banyak cucian kan pakenya juga double2.. pun seringnya ke tempat tidur.. kalu lagi ehem ehem basah toh sepreinya.. nah cucilah tiap hari.. 😀

  12. penuhcinta said: Iya Mbak, diskonnya gede2an soalnya. Katanya sih diskon terbesar sepanjang tahun. Ini dianggap sbg hari pertama belanja buat cari hadiah natal. Hi…hi…hi…tadi ada brondong kayaknya ganteng (dr jauh liatnya soalnya) yg lari siang bolong topless! Aku mau ambil fotonya dng gaya ngintip dr jendela…eh…doinya keburu masuk rumah. Lolos deh!

    ga tahu napa ku ga pernah tuh tergiur sama diskon.. ga pernah beli yang ga butuh.. kayanya seumur hidup cuma boros buku.. lain2 sesuai kebutuhan saja.. beli baju tinggal embat punya adik, tas2 banyak dikasih, sepatu sih lihat2 sikon..

  13. penuhcinta said: Hi…hi…hi…tadi ada brondong kayaknya ganteng (dr jauh liatnya soalnya) yg lari siang bolong topless! Aku mau ambil fotonya dng gaya ngintip dr jendela…eh…doinya keburu masuk rumah. Lolos deh!

    jaaaaaaaaah kudu siap2 kamera dikalungin di leher dong mbak.. biar sigap siaga kalu brondong lewat..*dasar deh emak2 doyan brondong.. 😀 suamiku kalu kuceritain ketemu brondong, ngakak dia.. suami mbak gimana? mesem2 apa misuh2?

  14. tintin1868 said: iya banyak cucian kan pakenya juga double2.. pun seringnya ke tempat tidur.. kalu lagi ehem ehem basah toh sepreinya.. nah cucilah tiap hari.. 😀

    Ha…ha…ha…kasur sampe basah? Ha…ha…ha. Iya sih, cucian jd lbh banyak kalo musim dingin. Tapi buat jaket2 tebal sih gak cuci tiap kali abis pake, seminggu sekali deh…soalnya berat dan gede, menuh2in mesin cuci aje.

  15. tintin1868 said: ga tahu napa ku ga pernah tuh tergiur sama diskon.. ga pernah beli yang ga butuh.. kayanya seumur hidup cuma boros buku.. lain2 sesuai kebutuhan saja.. beli baju tinggal embat punya adik, tas2 banyak dikasih, sepatu sih lihat2 sikon..

    Aku juga baru tergiur diskon kalau memang sedang buth barangnya. Seperti kemarin itu butuh kamera, ya cari2 deh kamera yg murah dimana.

  16. tintin1868 said: jaaaaaaaaah kudu siap2 kamera dikalungin di leher dong mbak.. biar sigap siaga kalu brondong lewat..*dasar deh emak2 doyan brondong.. 😀 suamiku kalu kuceritain ketemu brondong, ngakak dia.. suami mbak gimana? mesem2 apa misuh2?

    Itu dia…karena tadi kan sambil beberes, tanggung gitu ditinggal jadi gak langsung buru2 ambil kamera. Suamiku suka cemburu kalo diceritain..ha..ha..ha..suka bilang berondongnya jelek ah, hombreng lah…pokoknya dijelek2in gitu deh.

  17. penuhcinta said: Aku juga baru tergiur diskon kalau memang sedang buth barangnya. Seperti kemarin itu butuh kamera, ya cari2 deh kamera yg murah dimana.

    ketemu kameranya? semurah gimana?

  18. penuhcinta said: Suamiku suka cemburu kalo diceritain..ha..ha..ha..suka bilang berondongnya jelek ah, hombreng lah…pokoknya dijelek2in gitu deh.

    wuih cemburu tanda cinta.. gapapa tuh posting brondong di atas rumah yang kefoto kemaren? kalu suka lihat2 ganteng2 gitu dan lagi hamil, pasti anaknya cewe nih.. (eh udah hamil blom? mumpung musim gugur 😉 )

  19. penuhcinta said: Ha…ha…ha…kasur sampe basah? Ha…ha…ha. Iya sih, cucian jd lbh banyak kalo musim dingin. Tapi buat jaket2 tebal sih gak cuci tiap kali abis pake, seminggu sekali deh…soalnya berat dan gede, menuh2in mesin cuci aje.

    kalu jaket ga tiap hari emang.. tapi baju dalam kan tiap hari.. cuci juga ga tiap hari sih.. kan cuma berdua.. tapi ku ga pernah pergi2 bawa baju banyak.. secukupnya deh.. jadi tetep nyuci..

  20. tintin1868 said: ketemu kameranya? semurah gimana?

    Ketemu, itu Black Friday 2 th yg lalu. Diskon 25% kayaknya, lupa2 inget juga. Tapi itu juga belinya online krn ternyata ada yg lbh murah dr beli di toko.

  21. penuhcinta said: Hi…hi…hi…tadi ada brondong kayaknya ganteng (dr jauh liatnya soalnya) yg lari siang bolong topless! Aku mau ambil fotonya dng gaya ngintip dr jendela…eh…doinya keburu masuk rumah. Lolos deh!

    Yaaaaah gak kepoto!! penonton kecewa deh!

  22. usul visual:Pohon paling bawah itu amat layak difoto dalam posisi dan angle yang sama, tapi dalam empat musim yg berbeda. dimulai dari gugur tahun ini.ntar setahun lagi dijejerin atau dikolase ala logonya four season hotel.ditunggu

  23. tintin1868 said: wuih cemburu tanda cinta.. gapapa tuh posting brondong di atas rumah yang kefoto kemaren? kalu suka lihat2 ganteng2 gitu dan lagi hamil, pasti anaknya cewe nih.. (eh udah hamil blom? mumpung musim gugur 😉 )

    Ha…ha…ha…dia sih gak baca postinganku kan termasuk kontak. Di mana letak nikmatnya kalo ngempi aja bisa diawasi suami? Dia paham kok kalo ini termasuk bagian dr my personal space yg gak bisa dia kutak katik. Sebaliknya, dia mau FBan kayak apa aja, sampe jungkir balik juga aku gak mau tahu. Let him have have his privacy, and I will have mine. Di jejaring sosial manapun, kami gak saling berkontak..he..he. Hmm…aku masih belum hamil kok Mbak. Perut sih udah endut…tp isi lemak..ha..ha.

  24. tintin1868 said: kalu jaket ga tiap hari emang.. tapi baju dalam kan tiap hari.. cuci juga ga tiap hari sih.. kan cuma berdua.. tapi ku ga pernah pergi2 bawa baju banyak.. secukupnya deh.. jadi tetep nyuci..

    Sejak jaman masih di Indonesia, aku memang gak pernah nyuci tiap hari…selalu dikumpul dulu sampai pakaiannya pas deh, gak terlalu banyak dan gak kedikitan shg buang2 air aja…kecuali pakaian2 bayi yg harus tiap hari krn kena ompol dan sejenisnya.

  25. rinita said: ..ada diskon gede..?????????????.**itu yang sangat diperhatikan dari tulisan di atas”….:-)))

    Hua…ha..ha…iya Rin…diskon gede. Kalau lagi online menjelang tgl 25 November, buka aja deh website toko2 di sini spt Macy’s, JC Penney, Best Buy (buat elektronik)…pasti ada diskon yg ditawarkan utk Black Friday.

  26. martoart said: usul visual:Pohon paling bawah itu amat layak difoto dalam posisi dan angle yang sama, tapi dalam empat musim yg berbeda. dimulai dari gugur tahun ini.ntar setahun lagi dijejerin atau dikolase ala logonya four season hotel.ditunggu

    Usul yang bagus Cak! Sempat kepikiran juga memang ambil obyek sama di 4 musim berbeda.

Makasih ya udah kasih komen.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s