Liburan 2010-Chicago Part 3-Museum of Science and Industry Part 1 (Ha..ha…ha..kok jd banyak Part2an seeh?)

Ciluk Baaaa!!! Nenek muncul lagi Cu. Masih mau diceritain kagak? Mau enggak mau, pokoknya nenek maksa mau cerita..ha..ha. Langsung aje ya Cu. Siap2 ya…agak panjang nehhh. Yang mau pipis dulu silahkan, yg mau minum atau ambil camilan, silahkan. Siappp???

Dari C’dale kami langsung menuju ke Museum of Science and Industry. Perjalanan 5 jam lebih kami lampaui dengan lancar, alhamdulillah. Begitu melihat hamparan Lake Michigan di pinggir jalan sebelah kiri, kami langsung tahu bahwa tujuan kami sudah dekat.

Tadinya kami mau parkir di tempat parkir museum yg ada di bawah tanah. Tapi kok di seberang museum ada taman dan di sekitar taman itu kok ada banyak mobil diparkir ya? Kami langsung cari tempat kosong sambil liat2 adakah tanda dilarang parkir atau adakah meteran parkir (biasanya utk parkir per-setengah jam dan tinggal diisi koin). Ternyata keduanya gak ada. Dengan nekad kami parkir saja karena melihat mobil2 lain juga begitu dan mereka gak ada stiker khusus atau tanda lain yg menunjukkan bahwa mereka boleh parkir di situ. Lagipula gak ada larangan parkirnya kok, kecuali pas hari kerja. Di sini memang tanda P coret itu biasanya berlaku cuma di hari kerja, kalo akhir pekan gak berlaku dan pasti ada tulisannya di bawah plang P coret tersebut.

Parkir beres, kami berjalan menyusuri taman menuju museum. Gak jauh kok, tapi harus deg2kan nyebrang jalan raya dimana Chicago sudah terkenal pengemudinya ngaco tralala. Rupanya insting gahar penjelajah jalan2 Jakarta sudah mulai pupus. Gawat nih. Padahal selama putar2 di Chicago, kami berkesimpulan bahwa mayoritas pengemudi di Jakarta teteuppp lebih brengsek daripada di sini..hi..hi..hi.

Pintu masuk ke museumnya cukup aneh, karena letaknya tidak menonjol dan sepertinya memang dibangun belakangan karena desainnya beda dengan bangunan utamanya. Begitu masuk, kami malah harus turun ke lantai bawah (underground) untuk ke loket. Inilah dia saat-saat dimana kesaktian ASTC Passport akan diuji. Jreng…jreng…jreng!!!! Beruntung kami datang saat tidak banyak pengantri, jd langsung deh ke depan Mbak2 penjaga loket. Langsung keluarin kartu sakti yang penampakannya sama sekali gak sakti karena cuma kertas yang dilaminating. Mbaknya ngecek2 panduannya dia, liat layar komputer, dan langsung kasih lagi kartunya ke kita sambil bilang: “Yap you got the free admission for the basic tickets.” (basic=gak pake bonus lihat film atau pameran istimewa lainnya). Yipiiiii!!! Berhasil gratisan booo!

Setelah ke rest room, kami putuskan untuk makan siang dulu, menghabiskan bekal makaroni dan nugget goreng yang kami bawa dari rumah. Begitu selesai, langsung kami menuju lantai atas dengan naik eskalator yang tinggi sekali. Kesalahan fatal yang kami lakukan adalah tidak mempelajari dulu denah museum ini yang akhirnya nanti akan menghabiskan waktu karena bolak-balik tak sistematis. Jadi kami menjelajah dengan langkah impulsif saja.

Begitu melihat ada pesawat terbang dan kereta api terpajang, kami langsung ke situ. Ternyata di belakangnya ada model kereta api dan juga maket gedung2 di Chicago yang cukup luas. Anak-anakku pernah tergila2 sama model train alias mainan kereta api kecil yang bisa jalan di rel, jadi mereka langsung nyangkut di situ lumayan lama juga. Di bagian yang namanya Transportation Gallery ini tergantung pesawat2 kuno dan baru di langit-langit gedung. Selain itu juga ada model ruang masinis dan juga lokomotif yang bisa dinaiki sementara ada rekaman suara yang memaparkan serba-serbinya.

Dari sini, kami berniat mengunjungi ToyMaker 3000 yang merupakan contoh dari pabrik mainan dimana pengunjung bisa melihat bagaimana mainan dibuat dengan tangan2 robotik. Payah sekali deh, ternyata tempatnya lagi direnovasi dan kami gak bisa liat apa2. Akhirnya cuma foto2 deh di depan logonya. Ogah rugiii.

Sebelumnya, pas masih di Transportation Gallery, kami sudah melihat bagian pameran yang tampaknya cukup heboh karena ada tornado buatan! Kami langsung ke situ deh utk mengobati duka sangat dalam akibat ToyMaker 3000 yang gagal dikunjungi…ihiksss. (dramatisasi khas sinetron).

Pameran ini berjudul Science Storm. Tahu gak isi pamerannya apa? Keren banget! Di situ tersedia modul2 dengan layar sentuh (touch screen) dimana pengunjung bisa ‘membuat’ tornado, tanah longsor, tsunami, dan fenomena2 alam lainnya dalam bentuk mini. Anak2ku begitu menikmati karena seakan sebuah permainan. Aku yang gak begitu tertarik saja sampai bisa terkagum2. Niat banget sih ya orang sini kalo bikin museum. Hal lain di luar pameran yang aku perhatikan adalah banyaknya orang tua yang menegur anaknya sendiri untuk tidak berlama2 menikmati tiap alat dan memberikan giliran pada anak2 yang mengantri di belakangnya. Akibatnya, biar rame dan ngantri2, tetap terasa nyaman dan tertib.

Berikutnya kami mencoba ke lantai bawah dan nyasar ke bagian Farm Tech, yg sebenarnya aku gak rencanakan. Jadi, sebelum berangkat aku sudah lihat2 map museum ini dan mengira2 bagian mana saja yg mau kami kunjungi. Bagian Farm Tech termasuk yang aku akan skip saja karena kelihatannya gak menarik. Eh, ternyata aku salah. Anak2ku yang memang penggemar mesin2 berat langsung terpana lihat ada traktor dan combined harvester (mesin panen) asli terpajang di situ. Selama ini kami cuma lihat di kejauhan saja. Eh ini malah bisa lihat dari dekat dan bisa naik ke atasnya pula. Anak2 terang saja jadi semangat dan senang betul. Ketika naik combined harvester, di depannya dikasih layar dan diputar video sehingga seolah mereka benar2 sedang mengendarai traktor itu di ladang jagung. Selain itu, di pameran ini juga ada video game yang isinya tentang traktor yang bekerja di ladang. Ada banyak hal lain, dari rekonstruksi memerah susu dari sapi (bukan beneran) dan juga tentang pengolahan mpup binatang ternak menjadi pupuk, kayaknya yg terakhir ini kurang populer..he..he.

Duh Cuu…nenek kok jadi capek yaaaa….gimana kalo berhenti dulu dan lanjut lagi besok2 ya. Sementara menunggu…pstttt…nenek juga ada rekaman gambar dan video yang mau dibocorkan utk cucu2 looo! Silahkan nantikan di sini dan situ. Sementara ini nenek mau praktek pijit dulu yaaaa….soalnya ada yg udah ngantri tuh.

Advertisements

32 thoughts on “Liburan 2010-Chicago Part 3-Museum of Science and Industry Part 1 (Ha..ha…ha..kok jd banyak Part2an seeh?)

  1. Wowwww…..Nenek jahaaatttt, kok pideonya kagak play sekalian sihhhh, khan langsung bisa ketauan jawabannya… Huftttt…Mau dikekuarin dimana, wakakakak….. Nenek masih lincah keluar masuk yaaaa… :))LoL

  2. ohtrie said: Wowwww…..Nenek jahaaatttt, kok pideonya kagak play sekalian sihhhh, khan langsung bisa ketauan jawabannya… Huftttt…Mau dikekuarin dimana, wakakakak….. Nenek masih lincah keluar masuk yaaaa… :))LoL

    Hua..ha..ha…nanti foto dan videonya dikeluarin di tempat lain aja, asal jangan di ember ya Cu…bisa basahhh. Trie kok senengnya nggodain nenek2…dasar deh.

  3. Weks,Pan emang nenek demen digodain, nenek okem sihhhh…Jadi beneran ni dikeluarin diluar sini…? bwehehehe…Hireee, nenek masih bisa ngeluarinnnn (pideo) :))

  4. ohtrie said: Weks,Pan emang nenek demen digodain, nenek okem sihhhh…Jadi beneran ni dikeluarin diluar sini…? bwehehehe…Hireee, nenek masih bisa ngeluarinnnn (pideo) :))

    Okem apa oke? Iye…nenek masih bisa ngeluarin gambar dong…kan gaul.

  5. Omong2 soal danau, kami 2 tahun hidup dipinggir danau Matano, Sulsel. Danau terdalam di Indonesia. Nawal umur 8 bulan sudah main air di danau. Kalau sudah main air, tidak mau diangkat. Sekarang tiap akhir minggu selalu ikut ke sawah & kolam saya di Bogor. Anak-anak memang harus diajari mencintai alam, ilmu pengetahuan dan kebudayaan. Jangan main di mall saja

  6. agamfat said: Omong2 soal danau, kami 2 tahun hidup dipinggir danau Matano, Sulsel. Danau terdalam di Indonesia. Nawal umur 8 bulan sudah main air di danau. Kalau sudah main air, tidak mau diangkat. Sekarang tiap akhir minggu selalu ikut ke sawah & kolam saya di Bogor. Anak-anak memang harus diajari mencintai alam, ilmu pengetahuan dan kebudayaan. Jangan main di mall saja

    Iya, danau tuh enak banget…bisa berenang, mancing, cuma duduk saja di pinggirannya sudah menyejukkan. Setuju mas kalau anak2 jangan cuma diajak main ke mall, bikin konsumtif saja.

  7. ohtrie said: Weks,Pan emang nenek demen digodain, nenek okem sihhhh…Jadi beneran ni dikeluarin diluar sini…? bwehehehe…Hireee, nenek masih bisa ngeluarinnnn (pideo) :))

    mau nampung?

  8. revinaoctavianitadr said: hihi, kebayang ribetnya nyari parkirnya, mb!

    Iya Vin, untung ini gak sampai setengah jam udah dapat. Dulu ke Navy Pier udah bayarnya mahal, setelah hampir satu jam baru dapat spot parkir…duhhh.

  9. ayuristina said: ah……….. mbak irma nih mulai kaya cinta fitri aja nih,,, banyak partnya,,, ayo dong mbak, endingnya mau di part berapa

    Sabar Yu…hi..hi.hi. Nanti pasti tahu kenapa aku cerita detil. Selain karena memang aku cerewet juga ada sebab lainnya.

  10. penuhcinta said: Biariiiin…yang penting gak gundhulllll! Ha..ha..ha..

    asem ik…kena deh gueeee…… :(nenek njahatin cucunyaaa…. hiks huwa huwaaa… 😦

  11. ohtrie said: asem ik…kena deh gueeee…… :(nenek njahatin cucunyaaa…. hiks huwa huwaaa… 😦

    Cucunya nakal begitu ya sah2 aja kalo dijahatin..hi..hi..hi. Sana cu, minum cucu duyu dan bobo yaa.

  12. penuhcinta said: Cucunya nakal begitu ya sah2 aja kalo dijahatin..hi..hi..hi. Sana cu, minum cucu duyu dan bobo yaa.

    enggak mo bobok…mo ngliatin numbuhnya rambu, biar nggak gundhul….mana aja yang masih numbuh… :))

  13. ohtrie said: enggak mo bobok…mo ngliatin numbuhnya rambu, biar nggak gundhul….mana aja yang masih numbuh… :))

    Selamat nungguin deh. Jangan sampe lumutan lo ya.

  14. penuhcinta said: Cucunya nakal begitu ya sah2 aja kalo dijahatin..hi..hi..hi. Sana cu, minum cucu duyu dan bobo yaa.

    yang ngajarin nakal khan nenek juga taa…? 🙂

  15. ohtrie said: dah lama nunggunya nihhh,….dibawah pohon jambu pake kaos itemmm…

    Oh yang tadi itu ya? Ta’ pikir org jualan nasi liwet, abis bawa2 bakul segala. Mau makan2 kok bawa bakul sendiri…gak usaaaah.

  16. honeyberryboo said: sis u in chi? btw m back , got back last week. add me up on fb, if u do hv an acct. haniyya_jewelz@hotmail.com

    We were just visiting, Fir. My husbad got a day off on Memorial Day and we used it for a trip to Chi-town. You’re back, already? Oh…I want to see Inaaya! I’ll add you on my FB.

  17. honeyberryboo said: whats yr id?

    I just invited you Fir, a little bit confused because FB didn’t recognize your e-mail at first. A word of warning though, I visit Multiply a lot more than my Facebook page.

  18. tugiyanto said: wow… seruuu… aku rugi banget gak ikut!

    Loh..astaga…ternyata kamu punya MP juga tho Gie? Piye kabarmu! Selamat Iedul Fitri, mohon maaf lahir batin yaaa. Nah, kapan lagi mau jalan2 bareng? Kau sibuk banget sih.

Makasih ya udah kasih komen.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s