Holidei Mo Kemane Mpok?

Terus terang perasaanku campur2 kalau sudah masuk musim semi menjelang musim panas kayak sekarang2 ini. Di satu sisi lega dan senang betul karena musim dingin sudah berakhir. Tandanya berakhir pula hari2 menggigil kedinginan, bangkis2 gak karuan dan pakai baju berlapis-lapis yang bikin jalan kaku kayak robot. Aku juga senang karena bisa lebih sering beraktivitas di luar rumah. Kebayang deh bisa keliling bersepeda tiap akhir minggu atau jalan-jalan bersama keluarga ke taman2 kota. Musim panas kali ini juga kemungkinan akan bertambah seru karena kami punya hobi baru yaitu memancing ikan.

Tapi, di sisi lain, aku pasti dihadapkan pada fenomena tahunan yang cukup bikin bingung, yaitu liburan sekolah anak-anak. Asal tahu aja, di sini liburannya lama bangets! Sejak pertengahan Mei nih, hawa2 liburan mulai berasa di sekolahnya anak2. Yang besar mulai gak dapat PR harian dan barang2 suplai sekolahannya sudah dikirim kembali ke rumah (terdiri dari alat2 tulis yang tiap anak bawa ke sekolah di awal tahun ajaran). Jadual liburan mereka dimulai sejak minggu pertama Juni sampai dengan pertengahan Agustus. Total jendral 2,5 bulan deh mereka bakal liburan. Lama banget kan? Jangan salah, di luar summer holiday, mereka juga punya winter holiday (2 minggu), spring break (1 minggu), dan libur lain ketika tanggal merah dan rapat guru.

Yang bikin pusing adalah keinginan mereka untuk jalan-jalan yang notabene berarti pengeluaran. Biar cuma jalan2 keliling kota, minimal keluar uang buat bensin kan? Padahal biasanya di musim panas, harga bensin pasti naik gila2an. Alhasil aku musti putar otak supaya bisa menenangkan dua anak lincah dan kelebihan energi supaya gak bosan selama liburan namun juga jangan sampai bikin kantong jebol gak karuan.

Sebelum musim panas tiba, aku sudah mulai mengajak mereka berkebun kecil2an. Sekarang sudah tumbuh benih2nya, tinggal dipindahkan ke pot2 dan ditaruh di luar. Aku juga sudah merancang a mini trip alias jalan2 singkat ke luar kota. Rencanannya insya Allah kami mau ke Chicago, kota besar yang berjarak 5 jam menyetir dari kota kami.

Kok ke Chicago lagi? Soalnya yang kemarin itu masih belum puas karena cuma 1 hari gak penuh. Untuk yang nanti ini, aku mau menelusuri juga kota2 di luar Chicago dimana museum2nya cukup bermutu dan harga tiketnya cukup terjangkau. Terus terang, Chicago sudah terlalu komersil sehingga tempat2 menarik yg bisa didatangi biasanya mahal sekali tiket masuknya. Belum lagi biaya parkir yang bikin gondok. Kebayang gak parkir $24? (flat rate, mau berapa jam kek ya segitu). Ini parkir di salah satu tempat wisata yg namanya Navy Pier alias pinggiran dermaga di tepian Lake Michigan yg segede gaban yang diubah jadi tempat wisata semacam Taman Ria plus food court. Sejak awal bulan ini, aku sudah merancang mau kemana aja, hotelnya apa, dan pesan sewa mobil untuk perjalanan kali ini. Mudah2an semuanya lancar dan liburannya berlangsung menyenangkan serta bermanfaat.

Untuk hari-hari selanjutnya, aku juga sudah mempersenjatai diri dengan buku2 yang berisi tips2 mengisi liburan seperti buku berjudul: “501 TV Free Avtivities for Kids” yang dari kemarin sudah dikasih book marks sama Imo utk menandai kegiatan yang diminatinya. Mudah2an beneran deh bisa dilakonin. Berasa horor juga buatku jika anak2 menghabiskan liburan di depan TV atau komputer (main game). Wong pas hari sekolah aja, rasanya bibirku nih udah capek banget mencereweti mereka soal pembatasan nonton TV dan main game. Gimana kalo liburan coba?

Beberapa ide lain sudah ada di kepalaku, dari mulai mengajari Imo memasak (boleh2 aja kan, biar dia punya survival skill) sampai mengajak mereka berdua main ke taman bermain dekat rumah setiap hari dengan bersepeda. Sebenarnya summer juga saat yg bagus utk mengajak anak mempelajari hal2 baru, yang di saat mereka bersekolah pasti gak akan sempat dilakukan. Tapi meski ada target2 tertentu, aku gak mau ngoyo. Yang penting dibawa seneng aja dan tujuan utamanya supaya mereka punya kenangan indah utk disimpan seumur hidup.

Buat aku sendiri, hmm…banyak sih yang diinginkan…terutama berkaitan dengan pengembangan diri dan berbagi dengan sesama. Eh, bukan pengembangan fisik ya..kalo itu sih dari kemaren juga udah ngembang (baca: melar) 🙂 Mudah2an dengan lebih banyaknya waktu dan cuaca yang lebih nyaman aku bisa lebih produktif dan bermanfaat. Aaamin.

Advertisements

51 thoughts on “Holidei Mo Kemane Mpok?

Makasih ya udah kasih komen.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s