Winter Wonderland

Pertama kali mengalami musim dingin rasanya excited banget. Yang namanya salju kami tunggu2 dengan penuh harap. Diantara kami berempat, cuma suamiku yang gak terlalu antusias karena dia gak suka udara dingin. Di bulan Desember kami merasakan perubahan waktu yang cukup signifikan, siang bertambah pendek dan malam bertambah panjang. Jam 7 pagi masih gelap gulita padahal saat summer, jam 6 juga sudah terang sekali. Jam 5 sore juga sudah gelap dan masuk waktru magrib, pdhal saat summer…jam 7 malam pun masih terang benderang. Temperatur mulai turun, namun fluktuatif. Kadang temperatur cuma agak dingin di bawah 10 C, namun malamnya bisa drop ke minus 10 C. Tercatat tahun ini hingga tanggal 28 Desember ini baru 3 kali kami mengalami temperatur dibawah minus 10 C. Bayangkan efeknya untuk kulit tropis kami yang terbiasa dengan hawa hangat dan curahan cahaya matahari khatulistiwa.

Bersamaan dengan turunnya temperatur, maka udarapun menjadi kering dan berkurang kelembapannya. Dinyalakannya mesin penghangat (heater) menambah keringnya udara. Yang terjadi kemudian adalah batuk-batuk akibat keringnya tenggorokan dan juga pilek. Anakku yang kedua selalu mimisan di saat winter. Pertama kali dia mimisan kami panik karena darahnya mengalir deras seperti di film2 horor. Berkali-kali ia terbangun dengan hidung dan bantal yang berdarah2…serem kan. Namun di tahun-tahun berikutnya, frekuensi mimisannya makin berkurang, mungkin karena sudah lebih terbiasa.

Buat kami-kami yang dewasa (baca: tua), efek keringnya udara sangat terasa ke kulit. Kulit jadi kering bahkan seperti burikan dan kalau kena sabun terasa perih. Pertama kali mengalami hal ini, aku pikir itu daki yang menebal karena jarang mandi. Iya, namanya juga dingin…aku jadi jarang mandi deh hi..hi ngaku…malu2in aje deh. Saat mandi, bagian kulit yang berbusik itu aku gosok2 dengan sabun…loh malah perih dan gak hilang juga sih? Ternyata itu akibat kulit yang kering, dan kalau terkena air hangat/panas malah bisa tambah parah karena kulit jd makin kering sesudahnya. Sabun yang gak sesuai juga bisa bikin masalah kulit ini makin parah. Jurus yang ampuh akhirnya adalah mengenakan moisturizer banyak2 segera setelah mandi. Masalah kulit lain saat musim dingin adalah winter itch alias gatal2. Aku sih biasanya cuma mengatasinya dng pelembap, meskipun dijual juga lotion khusus utk masalah ini.

Bagaimana dengan saljunya? Meskipun daerah Chicago dan sekitarnya yang sama2 di state of Illinois sudah terbenam salju, namun kami baru kebagian gerimis salju atau disebut juga flurries. BTW busway, tahu gak kalau orang sini tuh menamakan salju dengan berbagai nama sesuai dengan jenisnya? Yang sering kami alami hingga bulan Desember adalah si flurries ini. Tahun lalu kami sempat mengalami freezing rain dan sleet yang lebih berbahaya dari salju biasa. Jalan2 jadi licin dan kecelakaan sering terjadi.

Pertama kalinya kami mengalami hujan salju cukup lebat adalah di malam hari. Bayangkan 3 kepala menempel di jendela yang besar di sebuah apartemen. Kami terkagum-kagum melihat turunnya salju yang seperti kapas melayang2 dengan ringan di kesunyian malam, juga pada pemandangan di luar dimana setiap permukaan seperti ditaburi gula halus. Indah sekali dan buat kami menakjubkan karena baru pertama kali mengalami.

Besoknya anak2 dengan semangat minta main ke luar. Aku ingat sekali hari itu anakku yg kedua dan baru berusia satu tahun menangis begitu dibawa keluar. Meskipun sudah dilapisi baju dan jaket berlapis2 tetap saja dinginnya membuat anak itu menangis. Dasar emaknya nekat, tetap saja mengajak ia bermain lempar-lemparan bola salju. Maafkan emakmu ini ya nak. Bayangan dinginnya udara luar setelah salju turun adalah yang dinginnya menggigit kulit, membuat kepala pusing dan hidung pasti melelehkan cairannya. Tanpa baju berlapis, jaket tebal, sarung tangan, tutup kepala (kupluk), kaos kaki tebal dan sepatu khusus salju (kalau yg biasa bisa tembus dan basah), mustahil bisa bertahan di atas salju. Salju itu indah tapi kejam juga rupanya.

Kali pertama mengalami winter, tiap kali ada salju agak tebal kami akan main ke luar. Lama-lama si kecil menikmati juga, apalagi setelah tetangga apartemen atas ikut main bersama mereka. Kami membuat snowman, anak-anak main seluncur dengan sepeda roda tiga mereka, dan tentunya foto-foto. Meskipun repot setengah mati utk persiapannya karena harus pakai baju berlapis dan perlengkapan lainnya, meskipun dingin luar biasa, tetap saja kami jabanin.

Di tahun-tahun berikutnya apakah masih begitu? Tentu saja…he…he. Tahun kemarin malah kami berusaha mencari gundukan salju yg agak tinggi karena kami sudah punya sebuah snow sled berbentuk perahu karet segitiga. Sayangnya di wilayah sekitar apartemen tidak ada tempat yang cukup seru untuk snow sledding. Mudah-mudahan tahun ini Ayahnya anak2 mau diajak berburu tempat meluncur yang seru.

Begitulah pengalaman kami tentang salju dan musim dingin. Meskipun efek musim dingin sebenarnya banyak gak enaknya, namun ada kenikmatan tersendiri yang bisa digali.

Advertisements

43 thoughts on “Winter Wonderland

  1. shafa2hilman said: fotonya dong mbaaaakkkk….eh, sekarang jam berapa?

    Foto2 sebenarnya sudah pernah aku posting di bagian Photos, tapi mungkin settingnya blm termasuk dirimu Bune…he..he. Nanti aku buka ya…atau pasang sedikit di sini. Skrng jam 2 siang di sini. Di sana jam berapa?

  2. penuhcinta said: Pertama kalinya kami mengalami hujan salju cukup lebat adalah di malam hari. Bayangkan 3 kepala menempel di jendela yang besar di sebuah apartemen. Kami terkagum-kagum melihat turunnya salju yang seperti kapas melayang2 dengan ringan di kesunyian malam, juga pada pemandangan di luar dimana setiap permukaan seperti ditaburi gula halus. Indah sekali dan buat kami menakjubkan karena baru pertama kali mengalami.

    wuihhh, dibagian ini gw seperti ikutan mengalami pertama kali ngeliat salju, seruuu..!! btw, bener tuh ir, posting dong foto terbaru musim salju tahun ini, ambil dari sudut apa kek, misal salju nemplok di atas dedaunan ato mobil.. wkwkwk ko gw ngatur yah, udah lah, pokoknya poto ditunggu. titik.

  3. Your first snow is always fun. Then, the next one..the next one..the next one… hate it. curse it.. wishing that you can skip the season hahahha. *sambil marah2 lihatin bibir bedarah kena winter sore dan kulit kering karena udara dan heater* stay warm Mbak…

  4. laurasaid said: sambil marah2 lihatin bibir bedarah kena winter sore dan kulit kering karena udara dan heater

    yg bener niy sampe segitunya… *asli ga nyangka kalo efek duingin sampe segitunya*

  5. amoebasterix said: gak ah.. gw gak mau ngalamin winter..tapi klo cuma sehari dua hari sih bolehlah… 😉

    setuju ma AB, sepertinya efeknya ga nahanin, kedinginan di Lembang aja udah bikin tersiksa, dikepala gw kalo udah kedinginan gitu inget pantaiiii aja… ahahah apa coba hubungannya, kali saking gw cinta matahari.. :))

  6. santipanon said: yg bener niy sampe segitunya… *asli ga nyangka kalo efek duingin sampe segitunya*

    beneran 😦 belum batuk2 tiap pagi.. aah kaya anak ndak keurus de ;p pokoknya jelek banget deh hahhaha…lotion paling cepet habis ya winter ;p

  7. santipanon said: setuju ma AB, sepertinya efeknya ga nahanin, kedinginan di Lembang aja udah bikin tersiksa, dikepala gw kalo udah kedinginan gitu inget pantaiiii aja… ahahah apa coba hubungannya, kali saking gw cinta matahari.. :))

    oh satu lagi, kalau sudah sisa2 salju begitu, biasanya akan membentuk “black ice”. Now, that you don’t wanna experience it. slippery.. lora pernah kepeleset..aaahh payah dehhh hahhaa.. snow is fun when you see it for the first time, or when you really enjoy it ;p

  8. santipanon said: saking gw cinta matahari

    yeah! hidup matahari..!!biar dikata warna kulit jadi kecoklatan, gw gak masalah..yang penting kulitnya sehat.. heuheuheu…*bangga jadi pria berkulit cokelat dan sehat*

  9. santipanon said: wuihhh, dibagian ini gw seperti ikutan mengalami pertama kali ngeliat salju, seruuu..!! btw, bener tuh ir, posting dong foto terbaru musim salju tahun ini, ambil dari sudut apa kek, misal salju nemplok di atas dedaunan ato mobil.. wkwkwk ko gw ngatur yah, udah lah, pokoknya poto ditunggu. titik.

    Thanks San. Salju tahun ini belum mengalami San soalnya kalau cuma flurries sih begitu kena tanah langsung ilang. Nanti ya kalau udah ada salju tebal. Sementara aku akan posting salju dari tahun2 lalu. He…he…makasih arahannya…gue malah seneng ada yg ngasih ide. Ada yg lain?

  10. laurasaid said: Your first snow is always fun. Then, the next one..the next one..the next one… hate it. curse it.. wishing that you can skip the season hahahha. *sambil marah2 lihatin bibir bedarah kena winter sore dan kulit kering karena udara dan heater* stay warm Mbak…

    To tell you the truth, I can’t wait for Spring to come! I can’t stand the bitter cold especially when it reaches minus 10. Bibir selalu pakai pelembab/lip gloss Lora…aku juga kalau gak gitu pasti sampai berdarah2.

  11. amoebasterix said: hmmmm… banyak juga yah efeknya….winter itu berapa lama sih mbak?3 bulan yah?? gak ah.. gw gak mau ngalamin winter..tapi klo cuma sehari dua hari sih bolehlah… 😉

    Iya….3 bulan Be! Beuh…lama banget ya. Sebenarnya kalau di wilayahku yg condong ke selatan, yg murni musim dingin ‘cuma’ 2 bulan saja, karena selebihnya ya fluktuatif (dingin-hangat-dingin). Kalau tempatnya Lora tuh di New Jersey yg lebih ke utara, lebih lama musim dinginnya dan lebih tebal saljunya.

  12. santipanon said: yg bener niy sampe segitunya… *asli ga nyangka kalo efek duingin sampe segitunya*

    Iya San…itu yg lupa aku cantumin. Eh ada satu lagi: kesetrum akibat elektrostatis yg banyak di udara dingin dan kering! Kalau lagi dingin banget dan kita pakai baju bahan tertentu, kita bakal terkaget2 karena kalau menyentuh sesuatu akan kesetrum. Bener2 kayak ada listrik yg mengalir! Enggak parah sih, cuma setrum kecil yg cekit2 gituh. Tapi gue paling gak suka karena bikin kaget!

  13. santipanon said: setuju ma AB, sepertinya efeknya ga nahanin, kedinginan di Lembang aja udah bikin tersiksa, dikepala gw kalo udah kedinginan gitu inget pantaiiii aja… ahahah apa coba hubungannya, kali saking gw cinta matahari.. :))

    He…he…di sini bisa sampai pusing kepala San saking dinginnya. Suami gue sampai tidur juga pakai topi kupluk.

  14. laurasaid said: beneran 😦 belum batuk2 tiap pagi.. aah kaya anak ndak keurus de ;p pokoknya jelek banget deh hahhaha…lotion paling cepet habis ya winter ;p

    Bener…kayak orang bengek deh. Yg kasihan anak2 kalau udah batuk2 gitu. Lotion sampai beli yg botol paling gede ha…ha…ha…soalnya buat berempat.

  15. laurasaid said: oh satu lagi, kalau sudah sisa2 salju begitu, biasanya akan membentuk “black ice”. Now, that you don’t wanna experience it. slippery.. lora pernah kepeleset..aaahh payah dehhh hahhaa.. snow is fun when you see it for the first time, or when you really enjoy it ;p

    Sama dengan ‘sleet’ kan Lora? Tahun kemarin pernah kejadian abis salju terus ujan…jadi deh sleet dimana2. Banyak yg kepleset dan aku juga pernah ngalamin terjebak menapak di es…akhirnya gak berani jalan ha..ha..ha.

  16. amoebasterix said: yeah! hidup matahari..!!biar dikata warna kulit jadi kecoklatan, gw gak masalah..yang penting kulitnya sehat.. heuheuheu…*bangga jadi pria berkulit cokelat dan sehat*

    Makanya orang sini kalau ke Indonesia seneng banget kan dpt sinar matahari sepanjang tahun! Dulu gue gak paham kenapa mereka begitu tergila2 ke pantai, pas udah di sini baru deh ngerasain sendiri.

  17. penuhcinta said: Sama dengan ‘sleet’ kan Lora? Tahun kemarin pernah kejadian abis salju terus ujan…jadi deh sleet dimana2. Banyak yg kepleset dan aku juga pernah ngalamin terjebak menapak di es…akhirnya gak berani jalan ha..ha..ha.

    hahha..paling sebel kalau dah di depan public… oh no.. kepeleset… pura2 ndak sakit padahal……… &(&*&^&*^*&^

  18. penuhcinta said: itu yg lupa aku cantumin. Eh ada satu lagi: kesetrum akibat elektrostatis yg banyak di udara dingin dan kering! Kalau lagi dingin banget dan kita pakai baju bahan tertentu, kita bakal terkaget2 karena kalau menyentuh sesuatu akan kesetrum. Bener2 kayak ada listrik yg mengalir! Enggak parah sih, cuma setrum kecil yg cekit2 gituh. Tapi gue paling gak suka karena bikin kaget!

    Iya… i get that everyday. sepertinya kita punya kekuatan super ya hahahahha… *norak ;p*

  19. laurasaid said: hahha..paling sebel kalau dah di depan public… oh no.. kepeleset… pura2 ndak sakit padahal……… &(&*&^&*^*&^

    Just keep cool gitu deh pastinya ya? Padahal bahaya banget tuh Lora, jangan sampai jatuh dan cedera tulang belakang.

  20. laurasaid said: Iya… i get that everyday. sepertinya kita punya kekuatan super ya hahahahha… *norak ;p*

    Ha….ha…ha…bisa ambil namanya Electra ya kalau jadi super hero. Pas kesetrum aku pasti kan lebay sampai loncat2 dan jerit2…malu kalo di tempat rame. Pdhal emang krn aku kaget banget bukan krn cari perhatian lo.

  21. amaltiagunawan said: aduh mbak,,,yang kena spot cuma yang ini doang,,,,,ohhhhh jadi udah tua yaaa,,,,pantesan!!! nih **nyodorin tongkat mak lampir**

    Iyaaaa…makanya kamu harus hormat ya sama yg tua2…kamu masih SD kaaan? *gebukin Gun pake tongkat Mak Lampir yg udah diberi bonus kutukan*

  22. penuhcinta said: He…he…di sini bisa sampai pusing kepala San saking dinginnya. Suami gue sampai tidur juga pakai topi kupluk.

    mbak, musim dingin disini aja aku sama suami udah mimisan, gimana klo ada salju ya? makasih deh..aku paling nggak bisa kena dingin yang banget. maklum, persediaan lemak juga kagak ada.

  23. shafa2hilman said: mbak, musim dingin disini aja aku sama suami udah mimisan, gimana klo ada salju ya? makasih deh..aku paling nggak bisa kena dingin yang banget. maklum, persediaan lemak juga kagak ada.

    Di Qatar ya Mbak? Iya…di sini anakku langganan mimisan. Biar persediaan lemak banyak juga gak ngaruh…ha…ha..ha…buktinya aku nih tetap aja kedinginan!

  24. penuhcinta said: Di Qatar ya Mbak? Iya…di sini anakku langganan mimisan. Biar persediaan lemak banyak juga gak ngaruh…ha…ha..ha…buktinya aku nih tetap aja kedinginan!

    klo udah dipuncak musim dingin aja kulit udah pecah2, bibir kering, lotion pake yang khusus itu..duh, klo gini kadang mikir, enak di indo ya…beli baju bisa buat kapan saja, paling banter jaket. itupun juga kagak sampe yang tebel bin mahal itu..cuman sekarang ngrasain, indonesia gerah udaranya..kringetan kagak brenti…

  25. shafa2hilman said: klo udah dipuncak musim dingin aja kulit udah pecah2, bibir kering, lotion pake yang khusus itu..duh, klo gini kadang mikir, enak di indo ya…beli baju bisa buat kapan saja, paling banter jaket. itupun juga kagak sampe yang tebel bin mahal itu..cuman sekarang ngrasain, indonesia gerah udaranya..kringetan kagak brenti…

    Oh ya? Indonesia makin panas ya? Hi…hi..hi..wajib AC dong ya. Padahal sama lo..tiap di sini lagi gak enak aku selalu ngebayangin indah dan enaknya hidup di Indonesia sampai kadar homesicknya meningkat pesat. Tapi sebaliknya, pas ngerasain yg enak2 di sini aku jadi merasa beruntung gak di Indo…ha…ha..ha. Manusiawi tho?

Makasih ya udah kasih komen.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s