Office Politics

Mestinya sih udah gak ngefek lagi ya…wong orang2 ini adl cerita lama yg sudah lama berlalu. Tapi namanya manusia, punya perasaan…pas aku denger hal ini ada rasa “duh…kok tega banget ya orang2 ini.”

Jadi begini, beberapa hari yg lalu aku sempat chat dng mantan teman kantor yg sampai skrng masih bekerja di tempat yg sama. Lalu tercetuslah omongan beberapa org yg memang sudah terkenal sbg para ratu tega, yg suka injek sana injek sini utk bisa mendapatkan keinginannya alias egomaniac. Saat aku mengalami kecelakaan motor dan harus absen dr kantor selama berbulan2 seperti yg pernah kuceritakan di sini rupanya ada 3 org ibu2 yg ngomong begini: “Wah enak banget ya…gak kerja tp tetap dapat gaji…lama banget lagi.” Wakssss… pdhal peraturan kepegawaian membolehkan seorang karyawan cuti sakit (dibayar) sampai dng 6 bulan. Sampai bulan kedua aku gak enak hati sendiri dan setelah mendengar prediksi dokter bhw gak akan bisa jalan normal bahkan sampai 10 tahun (gile deh) maka aku memutuskan untuk resign saja. Pada saat itu aku sama sekali gak tahu bahwa ada omongan2 gak enak seputar cuti sakitku.

Aku sih sebenarnya gak terlalu kaget kalau mereka2 ini sampai bisa ngomong gitu. Sepak terjang mereka sudah diketahui semua org di kantor dan sebelum aku resign, sudah ada 2 orang yang keluar juga gara2 berkonflik dengan mereka. Jadi…di kantorku itu kok bisa2nya ada 3 org menjadi sumber konflik krn mereka sangat ambisius dan licik padahal kerjanya gak pernah beres. Maksudku…kantor kecil aja dan gak banyak pegawainya kok bisa2nya ‘dianugerahi’ lebih dr satu org bermasalah ya? He…he..he..lucu juga.

Lebih lucu lagi, 2 org diantara mereka berkolaborasi sehingga orang2 di sekitarnya gak berdaya dan gak ada yg berani melawan mereka secara frontal. Kebetulan, aku termasuk yg berani melawan sehingga termasuk ‘musuh’ utama mereka. Tentu saja aku pakai jalur rapat kantor dan strict to masalah kerjaan aja, meskipun mereka2 pakai jalan hasut-menghasut behind closed doors dan take everything personally. As a result, mereka2 ini selalu mencari kesempatan utk merusak kredibilitasku (yg di tempat kerja dikenal termasuk bagus, alhamdulillah). Saat aku tertimpa musibahpun dijadikan moment utk menjatuhkan. Luar biasa!

Office politics, pasti ada dimana2, namun di tempat yg satu itu amat sangat kencang hawanya dan berpotensi bikin stress berkepanjangan. Aku pernah kerja di beberapa tempat, dan tempat ini satu2nya yg konfliknya benar2 ‘mengesankan’.

Kabar terakhir aku dengar orang2 ini sudah menempati posisi2 penting di tempat itu dan, seperti bisa ditebak, memanfaatkan segala fasilitas dan kedudukannya untuk meraup keuntungan pribadi sebesar2nya tanpa perduli org lain. Mereka bisa dapat posisi karena orang2 yg berseberangan dengan mereka sudah keluar semua, yg tersisa adl orang2 yang meskipun tersiksa namun tak ada pilihan lain (utk resign saja) dan tidak mampu melawan. Di lain sisi, org2 yg posisinya lbh di atas membutakan mata dan memang lemah dari dulunya. Karena itu org2 yg sebenarnya tak layak naik ini justru dpt posisi.

Semoga bisa menjadi bahan pelajaran buat semua. Jika melihat kebathilan/kecurangan, jangan diam saja…karena akibat ke depannya akan bring a lot more damage. Office politics di kantorku bisa jadi cuma microscopic scale dr kondisi di Indonesia secara keseluruhan. Sikap apatis tidak akan membawa kebaikan jika dihadapkan dengan segerombolan orang jahat yg bersatu. Indonesia niscaya akan tetap jadi jajahan Belanda kalau saja tak ada org2 berani mati yg menyulut dan memimpin rakyat utk melawan penjajah. Alm. Soeharto tak akan lengser kalau tak ada demonstrasi mahasiswa yg menduduki kantor DPR. Apa mungkin sudah karakter bangsaku ya…harus menunggu berpuluh tahun atau bahkan beratus tahun baru mau bangkit dan berani melawan (setelah babak-belur diinjak2)? *Sambil menghela nafas juga menggeleng2kan kepala berusaha menolak asumsi yg baru saja tercetus*

Advertisements

26 thoughts on “Office Politics

  1. kotor banget yaaak! pernah jadi korban juga ahahhaha..!,(tapi mungkin belum tahap akut) Lora “garuk” langsung di depan dia mbak [LOL] — you don’t mess with Laura ^_^ habis itu dia berusaha sangat keras utk manis2. Well, kt yg ditindas jg hrs berani bersikap (setuju dgn Mbak Irma).. Yg menindas nanti biar kena batunya..! kl dikantor dia survive, mau smp kapan?? kan ada yg Maha Adil toh..

  2. laurasaid said: kotor banget yaaak! pernah jadi korban juga ahahhaha..!,(tapi mungkin belum tahap akut) Lora “garuk” langsung di depan dia mbak [LOL] — you don’t mess with Laura ^_^ habis itu dia berusaha sangat keras utk manis2. Well, kt yg ditindas jg hrs berani bersikap (setuju dgn Mbak Irma).. Yg menindas nanti biar kena batunya..! kl dikantor dia survive, mau smp kapan?? kan ada yg Maha Adil toh..

    Iya Lora…kalau di tempatku yg dulu itu udah kebangetan banget dan hampir gak ada yg berani ngelawan (cuma bisa ngeluh2 di belakang aje). Good…good…emang mesti dilawan tuh org2 kayak gitu. Kalau enggak….pasti semakin meraja atau meratulela. Hi..hi..hi…Lora bisa ‘ngegaruk’ juga ya…top deh!

  3. Hmmm… Ada juga sih dikantor saya bekerja yg begitu mbak….Biasanya mereka begitu karena terobsesi pada jabatan yang lebih baik…Mereka bisa mengandalkan berbagai cara untuk mewujudkan impiannya walaupun merugikan org2 sekitarnya demi kepengitngan pribadinya….Tapi cepat atau lambat yg namanya kejahatan pasti akan terungkap mbak….

  4. wendydiana83 said: Hmmm… Ada juga sih dikantor saya bekerja yg begitu mbak….Biasanya mereka begitu karena terobsesi pada jabatan yang lebih baik…Mereka bisa mengandalkan berbagai cara untuk mewujudkan impiannya walaupun merugikan org2 sekitarnya demi kepengitngan pribadinya….Tapi cepat atau lambat yg namanya kejahatan pasti akan terungkap mbak….

    Kalau menurut aku sih lebih baik cepat sebelum nantinya keburu terlambat Wen. Seperti yg terjadi di tempatku, begitu mrk betul2 mendapatkan jabatan…wah….kerusakannya jauhhh lbh parah. Dibutuhkan keberanian dan kekompakan org2 yg ‘baik’ utk bisa membuka kedok dan membasmi kejahatan mereka..ha..ha..ha..kok jd kayak Batman.

  5. penuhcinta said: Kalau menurut aku sih lebih baik cepat sebelum nantinya keburu terlambat Wen. Seperti yg terjadi di tempatku, begitu mrk betul2 mendapatkan jabatan…wah….kerusakannya jauhhh lbh parah. Dibutuhkan keberanian dan kekompakan org2 yg ‘baik’ utk bisa membuka kedok dan membasmi kejahatan mereka..ha..ha..ha..kok jd kayak Batman.

    Beberapa waktu yg lalu sudah dapat kasus sama Big bos yg membuat dia kena SP mbak…Saa juga udah bosan kerja disana… Udah jenuh banget… mau cari kerja lain…

  6. penuhcinta said: Hi..hi..hi…Lora bisa ‘ngegaruk’ juga ya…top deh!

    garuknya yaa secara halus dan elegant! yuuuukk dan kl menurut lora dah bener2 keterlaluan πŸ™‚ kl ga digituin ntar kita makin di tindas mbak Irma… waaks siapa yg mau ditindas ky perempuan2 di sinetron itu… hihihihihi

  7. wendydiana83 said: Beberapa waktu yg lalu sudah dapat kasus sama Big bos yg membuat dia kena SP mbak…Saa juga udah bosan kerja disana… Udah jenuh banget… mau cari kerja lain…

    Oya? Wah..Wendy berhadapannya sama Big Boss ya? He..he..he…dibutuhkan extra banyak keberanian tuh. Iya Wen..kalau sudah mentok mendingan pindah ke tempat lain aja…dunia luas kok. Yg penting kita udah berusaha utk bertahan dan memperbaiki keadaan. Coba Jobsdb Wen…dan coba kontak2 teman lama di tempat kerja yg lain krn ada juga lowongan yg disebarkan lwt org dalam.

  8. laurasaid said: garuknya yaa secara halus dan elegant! yuuuukk dan kl menurut lora dah bener2 keterlaluan πŸ™‚ kl ga digituin ntar kita makin di tindas mbak Irma… waaks siapa yg mau ditindas ky perempuan2 di sinetron itu… hihihihihi

    Iya Lora…garuk2nya jadi berasa kayak digelitikin dong..he..he..he. Yoi…perempuan2 di sinetron model2 ‘a lady in distress waiting for a knight to rescue her’…payah banget. Jaman sekarang sih harus bisa menolong diri sendiri ya La. Kalau menurut orang2…gaya garukanku memang asoy: menonjok dan straight to the point..ha..ha..ha. Pdhal kalau menurut aku sih itu belum seberapa…he..he..he. Maklum deh La…dulu itu aku kan masih muda banget, masih sangat idealis dan belum strategis. Tapi sampai kapanpun aku tetap berpegang teguh pd keyakinan: kejahatan harus dilawan…hidup Batman!

  9. laurasaid said: yes! you carry your own weight. jd kl ada yg ganggu2 konsentrasi tabok aja! duuuuhh..itu yg dalem: Halus tp menohok! ouuuchh…hidup Robin… hihihi..

    Apapun gayanya yg penting sama2 pembasmi kejahatan…ha..ha..ha…Tergantung orangnya juga La. Kalau yg bebal2 (gak merasa salah pdhal udah salah banget) sih ditabokin aje…ha..ha..ha. BTW…udah nonton The Dark Knight? Keren yaaa…the best Batman movie ever!

  10. Hmmm… Di tempat Nana kerja juga gt bun, malah kalau mau dipikir sesama karyawan terutama sesama staff gak ad yang akur, lebih tepatnya pura-pura akur tp actually no…Btw, pernah kecelakaan motor? Kapan ya? Dah lama? Dah sembuhkah?

  11. nanabiroe said: Hmmm… Di tempat Nana kerja juga gt bun, malah kalau mau dipikir sesama karyawan terutama sesama staff gak ad yang akur, lebih tepatnya pura-pura akur tp actually no…Btw, pernah kecelakaan motor? Kapan ya? Dah lama? Dah sembuhkah?

    Lucu ya Na…aku dulu kerjanya jg di institusi pendidikan. Apa krn duitnya gak berlimpah ya, jdnya berebutan kayak ikan2 piranha kelaparan shg rawan konflik? He..he..he…Coba di klik link yg aku kasih di atas Na, ada ceritanya panjang lebar aku jatuh dr ojeg pas pulang kantor.

  12. pemimpin seperti itu layaknya memasukkan seekor kutu anjing yg sebenarnya bisa loncat sampai 500 kali tinggi badannya ke dalam kotak korek api. Menghambat inovasi dan kreatifitas bawahan. cmiiw

  13. lihatpadaku said: pemimpin seperti itu layaknya memasukkan seekor kutu anjing yg sebenarnya bisa loncat sampai 500 kali tinggi badannya ke dalam kotak korek api. Menghambat inovasi dan kreatifitas bawahan. cmiiw

    Thanks ya Din buat opininya. Jd teringat Kung-Fu Boy.

  14. lihatpadaku said: cerita tentang analogi kutu anjing ada di sini mba πŸ˜€ http://binmustafa.multiply.com/journal/item/218/melompatlah_lebih_tinggi?replies_read=9dan diralat ternyata lompatannya 300 kali *wink*

    Bagus ya tulisannya Din..kalau lg diterjang org2 negatif baca itu pasti bangkit lagi. Jaman dulu aku pernah baca Kung-Fu Boy, nasehat gurunya thd Chin-Mi yg hendak beratrung melawan mantan teman seperguruannya yg sudah canggih banget ilmunya. Krn Chin-Mi tiba2 mengkeret…suhunya lalu menaruh kutu loncat di bawah mangkuk dan mengajarkan analoginya.

  15. frendhie said: apa kabarnyaaaa mbaa yu…. sirik suka tanda ngga mampu, biarin sajalah mbaaaa….

    Kabar baik Nhie…kamu sendiri gimana? Masih asyik di FB ya? (nuduh tralala..ha..ha).He-eh…kalau cuma omongan2 di belakang yg sifatnya gosip2 gitu aku biasanya diamkan saja. Tapi kalau sudah di ajang resmi kayak rapat biasanya aku akan garuk…he..he..he. Kalo omongan yg terakhir itu aku ‘terkesan’nya krn pas aku dulu kena musibah. Ada untungnya jg sih baru tahu sekarang, kalau pas kejadian malah bikin tambah down wong aku waktu itu masih gak bisa jalan.

  16. penuhcinta said: a..ha..ha. BTW…udah nonton The Dark Knight? Keren yaaa…

    belum 😦 but am planning to..! this week perhaps! hehhe *sigh… apalagi yg dilakukan seorang pengangguran hehehhe

  17. laurasaid said: belum 😦 but am planning to..! this week perhaps! hehhe *sigh… apalagi yg dilakukan seorang pengangguran hehehhe

    sigh….same here lah La…unemployed and unhappy…ihiks…

  18. laaaaaaaaah! mbak Irma.. ayooo jgn sedih… harus tetep happy dong! just relax and enjoy the ride :-).sitting…being mommy and wife…checking on multiply! walking around the neighborhood..going out to the grocery store more often than you normally do during busy days ;p.you will miss these days when you work..

  19. laurasaid said: laaaaaaaaah! mbak Irma.. ayooo jgn sedih… harus tetep happy dong! just relax and enjoy the ride :-).sitting…being mommy and wife…checking on multiply! walking around the neighborhood..going out to the grocery store more often than you normally do during busy days ;p.you will miss these days when you work..

    He…he…he….manusia tuh nalurinya selalu mencari apa yg tak dimiliki yaaaa….gak pernah puas. Wong maunya cari duit…kalau ke grocery store terus malah ngabisin uang dong gue…he…he.

  20. misslind76 said: yang penting hatimu tetap bersih mbakyusemoga akhir pekanmu penuh keberkahan πŸ™‚

    Aamiiiin. Nah ini yg aku rasa merupakan akibat paling buruk dr berinteraksi dng org2 negatif, jadi sering sakit hati. Makanya aku bersyukur juga sudah gak berada di tempat itu lagi. Aaaamin…makasih doanya MissLind…semoga MissLind sekeluarga juga menikmati akhir pekan yang indah.

Makasih ya udah kasih komen.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s