Berita tentang Palestina Gak Imbang? Benar Sekali.

Kemarin2 saya menulis tentang Gaza dlm bahasa Inggris, maksudnya agar org2 di belahan dunia ‘barat’ bisa mengerti. Saya pikir, mayoritas bangsa Indonesia sudah cukup mengerti apa yg sebenarnya terjadi di sana, karena relay berita tidak semata2 dari media barat.

Namun setelah menjelajah ke beberapa halaman MPers Indonesia, ternyata masih ada orang2 yang berpendapat bahwa yang terjadi di sana adalah kesalahan Hamas dan seolah Israel punya hak utk ‘membela diri’. Di salah satu blog yg pro Israel (namun berlagak netral), malah menghimbau org2 Indonesia utk ‘membuka mata’ dan mengklaim bahwa pemberitaan tentang Gaza berat sebelah dan sebagai nara sumber, ia mengkutip Wikipedia dan CNN.

Di blog lain yg lebih edan, malah pemujaan terhadap Israel begitu berlebihan. Tergambar sekali kebencian yg punya blog pada bangsa Arab dan muslim (karena tidak semua bangsa Arab itu muslim). Karena bencinya, dia bersorak2 akan kematian lkurang lebih 1000 warga Gaza, termasuk 270 lebih anak2.

Saya tinggal di belahan bumi barat dan saya lihat sendiri bagaimana bukan saja tidak berimbang tapi liciknya media barat. Seperti yang sudah saya tulis, gambaran pembantaian yg terjadi di Gaza seperti rumah dan gedung yg jadi puing, rakyat sipil, anak2 dan wanita yang tewas mengenaskan atau tubuhnya termutilasi bom hampir sama sekali tidak ada di berita2 yg ada di sini. Mau itu CNN, MSNBC atau FOX, sama sekali tidak ada tampilan gambar seperti itu. Jumlah yang meninggal memang dituliskan, namun gambar2 yang ditampilkan hanya tank2 dan tentara Israel.

Gambaran demostrasi di seluruh penjuru Amerika dan dunia juga sangat tidak adil. Secara jelas2 mereka menyebutkan bahwa demostran hanya dari kalangan Arab dan muslim. CNN menampilkan gambar2 demonstrasi di NYC akibat walikota NYC berkunjung dan mendukung Israel. Namun wakil dari demonstran diambil lelaki keturunan Arab dan seorang warga kulit hitam. Pesan yg disampaikan: Yg protes cuma Arab, muslim dan warga minoritas kok, yg lainnya kok harus repot? Padahal gelombang demonstrasi dan protes yg berlangsung melibatkan semua pihak, dari berbagai ras dan agama….bahkan yg atheis pun ada yg ikut demonstrasi. Bisa dilihat bukan seberapa jauh kebohongan publik yang dilakukan media barat. Jadi, kalau ada yang membela Israel dan mengambil sumber dari media Amerika berarti mereka sudah (dan dengan rela pula) dibohongi mentah2.

Saya juga punya beberapa rekan satu program beasiswa yang berasal dari Palestina. Perlu dicatat, mereka2 ini sama sekali bukan pendukung Hamas. Kalau mereka terlibat dengan Hamas, mereka tidak akan mungkin mendapatkan beasiswa yg sponsornya adalah Amerika. Namun suara mereka satu dan itu berdasarkan pengalaman dan kenyataan yang mereka (dan kerabat mereka) lihat di lapangan, bahwa: Yang terjadi di Gaza itu bencana kemanusiaan. Yang terjadi di Gaza bukan perang, tapi pembantaian. Yang terjadi di Gaza juga bukan perang antar agama, namun bukti kekejaman rezim Israel dan sekutu2nya. Dan teman2 saya ini menjerit sakit ketika tahu bahwa ada orang2 yg bukan saja terkelabui oleh media amerika dan barat, namun juga dengan terbukanya mendukung pembantaian yg terjadi di Gaza.

Jadi please…saudara2ku di Indonesia…tak peduli apa suku dan keyakinanmu…kalian harus bukan saja membuka mata, namun juga menjernihkan akal dan nurani. Jangan karena merasa mengerti bahasa Inggris dan mengerti isi berita2 dr media Amerika terus merasa bahwa berita2 itu adalah benar. Justru merekalah yang memutarbalikkan fakta. Kalau kita masih merasa bagian dari satu bangsa yang besar, bangsa yang pernah tahu bagaimana rasanya dijajah, bangsa yg ‘katanya’ berbudi luhur, kita seharusnya satu suara dalam melihat kasus Gaza dan lantang berseru: HENTIKAN PEMBANTAIAN DI GAZA!!!

Saya juga ingin menghimbau agar pembantaian di Gaza tidak dilarikan ke konflik agama. Saya melihat ada pihak2 yang ingin memanfaatkan masalah Gaza dan menggesernya menjadi konflik antar agama di Indonesia. Sungguh konyol jika hal ini terjadi. Bangsa kita yang sedang terseok2 ekonominya masih mau ditambahi dengan konflik antar kita sendiri? Apa bangsa kita yang sudah sejak dulu mampu hidup berdampingan dengan segala perbedaan mau dipecah belah begitu saja oleh orang2 yg jelas tak punya hati nurani dan tertipu mentah2 propaganda media Amerika? Jangan sampai terjadi. Justru saatnya kita tunjukkan, bahwa semua umat beragama di Indonesia bisa melihat bahwa yang benar itu benar dan yang salah itu salah.

Advertisements

61 thoughts on “Berita tentang Palestina Gak Imbang? Benar Sekali.

  1. misslind76 said: hmmm, ini sudah dari jaman dulu begitu kayaknya. selama di suriname aku pun melihat berbagai media amrik yg berpihak, alias gak bisa dipercayai mengantarkan anda pada berita yg sesungguhnya. Alhamdulillah saya lihat AL-JAZEERAH sedikit lebih banyak mewakili kebenaran, karena berita mereka jauh berbeda dengan CNN dan FOX [karna kukenal hanya ke dua media ini dr amrik]bukan hanya aku yg mengamati kejadian2 tersebut, bahkan kakakku dan beberapa rekan2ku yang lain pun pernah menyampaikan hal itu kepadaku. kawan2ku yang beragama lain pun bertanya kepadaku apakah aku mendpat berita yang benar. aku bilang bahwa aku lebih sering mengikuti Al-Jazeerah dan mereka pun bilang bahwa sampai sekarang itu menjadi media yang paling bener penyampaian isi berita mereka. karena memang betul apa kata mbakyuku, hanya tanki2 dan militan israel yg disorot di CCN dan FOX. semoga kita pandai memilih media informasi agar kita tidak mendapatkan berita yg menyesatkan

    Betul sekali Miss Lind. Teman2 Amerikaku yg lebih cerdas biasanya sudah tdk percaya lagi dengan media mereka sendiri. Bukan hanya masalah Gaza, namun sudah jadi kebiasaan bagi mereka utk berbohong dan mengikuti kepentingan orang2 di belakang layar untuk menyetir opini publik sehingga menguntungkan buat mereka sendiri.

  2. multa2001 said: eh ada kontak mp ku orang belanda ngasih komen….nampaknya pro israel gituh….ohhh karena begitu ya berita2 di belahan barat sana.thanks info nya yah….

    Iya Teh Lily…sama2. Syukurlah kalau bisa memberi gambaran tentang apa yg terjadi di sini dan kenapa sebagian teman2 kita ada yg tertipu dengan pemberitaan tentang Gaza oleh media AS.

  3. penuhcinta said: Betul sekali Miss Lind. Teman2 Amerikaku yg lebih cerdas biasanya sudah tdk percaya lagi dengan media mereka sendiri. Bukan hanya masalah Gaza, namun sudah jadi kebiasaan bagi mereka utk berbohong dan mengikuti kepentingan orang2 di belakang layar untuk menyetir opini publik sehingga menguntungkan buat mereka sendiri.

    itu juga ketika perang middle east, pas soal iraq, mang gencar2nya media amrik itu menutupi semua keganasan negaranya sendiri, kok mereka yang meliputi kuat yah,

  4. misslind76 said: itu juga ketika perang middle east, pas soal iraq, mang gencar2nya media amrik itu menutupi semua keganasan negaranya sendiri, kok mereka yang meliputi kuat yah,

    Kalau menurut analis seperti Edward Said misalnya, konspirasi media utk meminggirkan Islan dan khusunya masalah Palestina sudah berlangsung sejak dulu.

  5. misslind76 said: ikuti pollingnya mbakyu, apakah israel berhak atas diserbunya gaza apa tidkwww.israel-vs-palestine.com

    Ya MissLind….terima kasih….barusan saja sudah kulakukan.

  6. ini bukan perang antar agama tapi mereka perang memperebutkan wilayah.guys,please jgn terprovokasi.kita hanya bisa berdoa pada mereka yang ada disana,peace on earth.God bless world.

  7. yagizaaa said: ini bukan perang antar agama tapi mereka perang memperebutkan wilayah.guys,please jgn terprovokasi.kita hanya bisa berdoa pada mereka yang ada disana,peace on earth.God bless world.

    Yap…ada betulnya, tp kalau dibilang perebutan wilayah, rasanya kurang tepat. Yg dilakukan Palestinians sama seperti bangsa kita dulu yg berusaha memperjuangkan kemerdekaan dr penjajah Belanda.

  8. nanabiroe said: Berdoa selalu… Karena tuhan juga yang menentukan…

    Betul Na. Sekarang sedang gencatan senjata ya, mudah2an bisa memberi jalan keluar. Keterlaluan Israel, bantuan kemanusiaan baru dibolehkan setelah 20 hari rakyat Gaza dibantai.

Makasih ya udah kasih komen.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s