Berita Palestina di Sini

Dear friends,
Pernah gak bertanya2 kenapa Amerika begitu ‘ndablegnya dlm mendukung penjajah Israel dengan segala aksi kejamnya thd rakyat Palestina? Karena politik mereka memang mendukung Israel? Karena keuangan mereka dikuasai Yahudi? Itu kalau kita bicara tentang pemegang kekuasaan di Amerika, memang konspirasi antara mereka sudah jd rahasia umum. Namun bagaimana dengan rakyat Amerika kebanyakan? Apakah mereka tak tersentuh hatinya melihat rakyat tak berdosa jadi korban pemboman Israel?

Bagaimana mereka mau bersimpati kalau berita2 yg ada di sini berat sebelah? Liputan berita tak pernah melihat dr sudut pandang rakyat Palestina. Gambar2 yg ditampilkan CNN misalnya, adalah kepulan asap bom dan malah tentara Israel yg sedang beraksi. Tak ditampilkan gambar korban2 pemboman seperti gambar anak2 yg terluka atau bahkan tewas . Gambar2 spt itu hampir tak ada di siaran CNN atau lembaran New York Times. Sikap resmi pemerintah AS seperti yg disuarakan presidennya malah menyalahkan Hamas.

Alhasil, sikap masyarakat kebanyakan di sini adalah ‘gak nyambung’ alias susah utk bersimpati atau berempati thd penderitaan rakyat Palestina. Kalau dilihat berita CNN malah lebih seru membahas kematian mendadak anaknya John Travolta, masalah bail-out (spt BLBI) utk perusahaan2 besar pembuat mobil yg katanya nyaris bangkrut, dan persiapan upacara pelantikan Obama.

Cuma segelintir masyarakat Amrik yg melek matanya dan bisa melihat konflik Palestina-Israel secara berimbang. Kebanyakan adalah kaum akademis yg biasanya lebih terbuka dan mau bersusah payah mencari informasi lebih akurat. Contoh nyatanya temanku bernama Brandy, yg juga pernah dikirim ke Indonesia utk program pertukaran pelajar. Dia sempat mengejutkanku waktu bilang bhw dia bersimpati thd perjuangan Palestina, bahkan aktif di LSM yg mendukung dan menyumbang buat rakyat Palestina. Ternyata ia punya beberapa teman org Palestina dan negara2 lain. Brandy juga bersimpati thd Islam karena selama di Indonesia ia mendapatkan kesan yg baik tentang org2 Islam di Indonesia. Saat ramai2 demo menentang Amerika, Brandy malah ingin balik lagi ke Indonesia padahal keluarganya melarang karena cemas akan keselamatannya.

Contoh lainnya adl Rachel Corrie yg tewas ditabrak buldozer Israel yg hendak menghancurkan rumah org Palestina di jalur Gaza. Pdhal ia keturunan Yahudi, namun saking bersimpatinya pada rakyat Palestina, ia terbang ke jalur Gaza dan berdemo di depan buldozer yg terus merangsek hingga menggilas tubuhnya. Kalau ditelusuri, rumah keluarga Rachel ternyata sering diinapi pelajar internasional dr berbagai negara dan Rachel sendiri pernah berkunjung ke Rusia.

Sayangnya, orang2 semacam Brandy dan Rachel Corrie cuma segelintir dari sekian banyak org Amerika. Kebanyakan dari mereka tidak tahu atau tidak mau tahu apa yg sebenarnya terjadi di Palestina. Kesan pribadiku kalau melihat siaran berita di sini adalah: mereka sangat egosentris, berita2nya cuma seputar mereka saja, mrk ibarat katak dlm tempurung. Sangat disayangkan, pdhal berdasarkan pengamatanku juga pada dasarnya mrk gampang tersentuh dan mudah mengulurkan tangan apalg utk korban bencana alam misalnya. Tapi berita tak berimbang dan kecenderungan utk menutup diri dr dunia luar yg membuat apa yg terjadi di Palestina seolah bukan apa2 buat mereka. Sungguh disayangkan.

Advertisements

25 thoughts on “Berita Palestina di Sini

  1. Sedih bun, ngelihat saudara sesama muslim kita kesakitan di sana…Nana gak habis pikir, PBB sbg organisasi dunia ke mana?Pasti kaki tangannya Amerika..Ah..Sudahlah, kita tahu Palestina dan Israel tidak akan pernah berdamai sampai kiamat tiba seperti tertuang dalam firman Allah swt. di Al-Qur’an…Masalah Amerika, tunggu saja azabnya dari Allah swt. yang sangat pedih…

  2. Sedih bun, ngelihat saudara sesama muslim kita kesakitan di sana…Nana gak habis pikir, PBB sbg organisasi dunia ke mana?Pasti kaki tangannya Amerika..Ah..Sudahlah, kita tahu Palestina dan Israel tidak akan pernah berdamai sampai kiamat tiba seperti tertuang dalam firman Allah swt. di Al-Qur’an…Masalah Amerika, tunggu saja azabnya dari Allah swt. yang sangat pedih…

  3. aguskribo said: Kemana Obama…? Gak ada suaranya…?Padahal dia U.S Next Presiden..Obama pengecut…

    Sabar Gus…kita tunggu saja tanggal mainnya. Dia kan belum resmi jd presiden.

  4. nanabiroe said: Sedih bun, ngelihat saudara sesama muslim kita kesakitan di sana…Nana gak habis pikir, PBB sbg organisasi dunia ke mana?Pasti kaki tangannya Amerika..Ah..Sudahlah, kita tahu Palestina dan Israel tidak akan pernah berdamai sampai kiamat tiba seperti tertuang dalam firman Allah swt. di Al-Qur’an…Masalah Amerika, tunggu saja azabnya dari Allah swt. yang sangat pedih…

    Iya Na…aku juga sedih. PBB dari dulu memang gak berdaya krn ada hak veto kan. Makanya tuntutan jaman sekarang kepada PBB mustinya adl dihapuskannya hak veto krn jelas gak adil. Mudah2an saudara2 kita di sana tetap tabah, kita sama2 doakan ya Na.

  5. sis obama is the same =( !!! u read what he said? Eventhough he dd not directly say tht what israel is doing right, in so many words he agreed what they are doing. May Allah swt help our fellow muslim brothers and sisters..

  6. kemaren salah satu temen di NYU ajak lora demo hari ini di Time Square untuk Palestina, tapi ga di izinin sm Ayah! jadi lora berdoa saja buat saudara2 di sana! Israel bener2…

  7. proud2bewifenmom said: Obama sama saja spt bush,padahal almarhum ayahnya seorang muslim.Bukannya membela keturunan muslim…Kebanyakan dr mereka kan mbak?mmg dikuasai oleh yahudi?Naudzubillah,

    Aku mau liat dulu gimana dia nanti setelah dilantik. Namun juga tetap realistis bahwa perubahan yg drastis untuk saat ini masih ‘nun jauh di sana’. Kita tahu sendiri betapa kuatnya pengaruh dan lobi Yahudi di sini.Sekedar informasi, bapaknya Obama menjadi atheis setelah sekolah di USA. Sekalipun misalnya ia tetap muslim, sebagian besar umur Obama dihabiskan bukan dengan bapaknya ini, jd jelas saja Obama tdk memiliki rasa keterikatan dng akar Islamnya. Apalg saat kampanye, isyu Islamic root-nya malah dianggap bisa merugikan dia.

  8. honeyberryboo said: sis obama is the same =( !!! u read what he said? Eventhough he dd not directly say tht what israel is doing right, in so many words he agreed what they are doing. May Allah swt help our fellow muslim brothers and sisters..

    I know I cannot have high hopes for Obama, even though I still prefer him to McCain. For him to make a drastic change in US foreign policy would be almost impossible, but at least we can still wait and see what he will do about Guantanamo or a mutual discussion with Iran (without pre-requisites). Amiiin for your prayer.

  9. laurasaid said: kemaren salah satu temen di NYU ajak lora demo hari ini di Time Square untuk Palestina, tapi ga di izinin sm Ayah! jadi lora berdoa saja buat saudara2 di sana! Israel bener2…

    Kalau aku mungkin akan ikutan tuh Lora..ha..ha…secara emak2 nekad emang. Ayah-nya Lora gak mau Lora kenapa-napa, wajar. Soalnya keluarga kan jauh di sana, kalau ada apa2 repot kan.

  10. ayuristina said: Politik media ya mbak,,,,

    Iya Yu…media di sini sama sekali tidak adil. Jadi kalau media di Indonesia berkiblat ke CNN misalnya, ya sama juga bo-ong….beritanya palsu.

  11. nadjamaliqa said: sedih n marah dengernyah…tfs ya buuu

    Iya…sama Nadj..aku di sini juga sedih dan kesal banget. Serasa mau terbang aja ke Gaza trus tampar2 tuh tentara Israel. U’re welcome Najd.

  12. lihatpadaku said: yg nonton gemesss … semoga jihad muslim palestina menemukan jalan terangnya… aminnn

    Iya Din…gemesnya sampai ubun2. Amiiin…semoga menemukan kemenangan.

Makasih ya udah kasih komen.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s