Obama dan Sejarah African-Americans

Kemenangan Barack Obama sbg presiden Amerika terpilih ke-44 merupakan hal yg sangat mengharukan khususnya utk warga Afrika-Amerika. Beberapa bahkan ada yg hampir2 tidak percaya. Betapa tidak, sejarah Amerika sebenarnya berlumuran dosa terhadap budak2 kulit hitam dan juga penindasan dan diskriminasi thd mereka yg bahkan tetap terjadi hingga saat ini, meskipun secara umum, policy anti-diskriminasi baik dr segi ras, usia, maupun agama diberlakukan di semua institusi di AS.

Sebelum tiba di sini, aku mungkin sama seperti org Indonesia lainnya, gak begitu ‘ngeh’ tentang seberapa dalam luka yg dirasakan oleh warga kulit hitam di sini. namun entah kenapa, secara gak sengaja aku ‘drawn to’ mempelajari sejarah dan sastra mereka. beberapa hal yg aku ‘temukan’ dr baca buku2 setebal ganjel lemari mengenai perbudakan:

* Budak2 kulit hitam di’ekspor’ dari Afrika dan diangkut dengan kapal penjual budak (slave-ships) ke Amerika di abad 17 dan 18.

* Org Afrika sendiri banyak yg menjual sesamanya, terutama tawanan perang dari suku atau desa yg mereka kalahkan.

* Sebelum diangkut ke kapal, mereka diseleksi dengan cara2 tdk manusiawi: giginya diperiksa, utk wanita bahkan dadanya dipegang2 utk menebak masih muda atau tidak.

* Mereka lalu di ‘cap’ dengan besi panas seperti sapi saja layaknya.

* Di dlm kapal mereka ditempatkan di bagian bawah kapal dengan berdesak2an dan dua org dirantai dengan satu rantai di pergelangan kaki atau leher.

* Sanitasi amat tdk memadai, mereka cuma diberi ember utk buang air tanpa air.

* Pernah kejadian, wanita melahirkan dengan keadaan terantai ke budak lain yg sudah jd mayat.

* Perkosaan thd budak2 wanita sudah umum terjadi. Kalau meraka hamil malah bagus, krn anaknya otomatis akan jd budak juga.

Sesampainya di daratan, mereka dipekerjakan di ladang2 kapas atau tebu TANPA dibayar sepeserpun dan diperlakukan sangat tidak manusiawi.

* perkosaan thd budak wanita terus berlangsung, bahkan menjadi praktek yg dianggap menguntungkan karena si tuan tanah bisa mendapat ‘budak gratis’ jika budak perempuannya hamil.

Anak sendiri dijadikan budak? Begitulah…bahkan salah satu presiden Amerika pun dikabarkan punya anak dr budak perempuannya yg tentu saja tidak diakuinya.

* budak2 yg sudah punya agama sendiri (cukup banyak budak yg beragama Islam) dipaksakan mengikuti agama si majikan dan dilarang keras mempraktekkan ajaran agamanya. Beberapa ada yg ngumpet2 mengajarkan bahasa Arab pd anak2 mereka.

* Jika mencoba melarikan diri hukumannya amat berat: dicambuk sampai punggungnya penuh bekas luka dan penyiksaan2 fisik lainnya. Image-nya bisa dilihat di sini:
http://en.wikipedia.org/wiki/Slavery_in_the_United_States

Berapa lama perbudakan ini berlangsung di Amerika? Kira2 250 tahun. Apakah setelah berakhir masalahnya selesai? Tentu saja tidak…penindasan masih berlangsung dng diberlakukannya segregation atau pemisahan antara fasilitas kulit putih dengan kulit hitam.

Nanti deh kapan2 dilanjutin. He..he..he..udah kepanjangan…bosen dong bacanya.

Advertisements

16 thoughts on “Obama dan Sejarah African-Americans

  1. kuncorotewe said: gimana tanggapan grassroot nya republican setelah kalah ???…. pa lagi ini kan bisa ada sentimen ras …????

    Mereka kecewa berat setelah ini, terlihat dari tanggapan pendukung McCain saat dia memberikan pidato pengakuan kekalahan. Tiap nama Obama disebut, pasti di ‘huuuu’-kan oleh mrk. Aku yakin akan sangat berat buat mrk menerima kenyataan. Gambarannya begini, saat diwawancara sblm pemilu, pendukung McCain mengatakan hal2 demikian:* “He’s (Obama) a muslim. Pasti pas udah kepilih dia akan pake turbannya dan membunuhi kita semua. Negri ini bukan Amerika lagi jika ia terpilih” Jadi ketakutan2 ini pasti akan menjadi2 begitu Obama terpilih, wong blm kepilih aja mrk udah parno begitu..Namun isyu utama yg dipakai kubu McCain dan dipercayai sebagian besar pendukungnya bukan ke Afrika-Amerika-annya Obama melainkan bahwa:* dia kemungkinan muslim (ngawur banget)* dia keturunan Arab (ini yg paling ngawur) dan…* dia berhubungan dng pendeta radikal (Jeremiah Wright) krn itu dia pasti juga radikal* dia berhubungan dengan gembong teroris (kebetulan mrk berteman saat Obama masih usia 18 tahun) karena itu dia pasti juga teroris.Buat warga kulit hitam, ke Afrika-Amerika-an Obama tidak diragukan lagi. Dan buat yg paham sejarah (sebagian anak mudanya gak tahu looo), pasti menganggap kemenangan ini adl kemenangan buat warga kulit hitam Amerika. Apakah para pendukung McCain akan ‘ngamuk’ spt pendukung partai di Indonesia kalo kalah? Aku rasa tidak Mas, soalnya kebanyakan pendukung McCain bertempat di daerah pedesaan yg kalaupun ngamuk imbasnya gak terasa sampai ke kota2 metropolitan yg notabene penduduknya lbh beragam dan terdidik. Selain itu, menurut CNN, scr demografik, pendukung McCain mayoritas usianya 65 tahun ke atas. Udah kakek-nenek ya susah deh kalo mau ngamuk atau bakar2.

  2. and912 said: btw program yg dibawa obama itu bagus gk ? (gk ngikutin soalnya)

    Di atas kertas sih keliatannya bagus Ndi…tapi aku kurang sreg sama kebijakan luar negrinya yg meskipun tidak sama dng kebijakan Bush, namun tetap mendiskreditkan negara2 timur tengah/Islam.

  3. multa2001 said: wah tfs ya…..gimana tuh dg kaitannya Obama yan pernah tinggal di Indonesia…beritanya disana gimana?

    Sama2 Teh. Ketika masa kampanye melawan Hillary (di tingkat sesama partai demokrat), justru tinggalnya Obama di Indonesia jadi senjata utk menyerang dia. Dia dibilang pernah sekolah di madrasah yg mengajarkan Islam garis keras. Pdhal sekolahnya di sekolah negri.

  4. multa2001 said: malah katanya dia sempat sekolah di asisi…btw aku pernah baca di blog or dimana gitu… katanya obama gakmo dikait2kan dengan indonesia…bener gak siy?

    Kayaknya memang begitu Uni Lily…dia sama sekali tidak pernah menyebut2 tentang masa kecilnya di Indonesia baik di masa kampanye maupun skrng setelah jd presiden. Tapi…ketika pidato pertama kali di Chicago, dia menyebut nama adik tirinya Maya (Sutoro) di daftar ucapan terima kasihnya.

Makasih ya udah kasih komen.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s