Gaya Hidup Orang Amrik (Part 1)

Akhir2 ini banyak teman2 MP yg membahas kebangkrutan Amerika dan imbasnya. Berhubung saya bukan ahli ekonomi, saya pingin ikutan dengan berbagi sekelumit cerita mengenai keseharian org Amerika dalam mengelola keuangan mereka.

Hal yang tampak di depan mata ketika berada di sini adalah:
* Mobil2 yg keren
Di kota kecil sebangsa Carbondale saja, mobil2 spt Mustang terbaru, dan Porsche lumayan sering terlihat. Mobil di sini seperti keharusan krn bis kotanya tidak banyak. Satu keluarga biasanya punya lebih dari satu mobil. Org Amrik juga gemar punya mobil baru, jarang sekali liat mobil butut di jalan.

* Motor gimana? Ada juga tapi cuma sebagai rekreasi dan selalu motor gede dan biasanya Harley.

* Rumah2 nan besar dengan halaman luas adalah sebagian besar penampakan di desa kecil ini. Daerah miskinnya juga ada (ghetto), namun paling enggak gak ada rumah kardus kayak di pinggiran sungai Ciliwung. Rumah atau apartemen di sini lazimnya selalu ada: kulkas, kompor dan oven listrik, pemanas/AC. Jadi alat2 tsb bukan barang mewah, melainkan keharusan.

* Mereka juga gemar makan di luar (eat out), dan gak ada tuh model di Jakarta yg bisa terjadi pegawai berdasi makan di warung pinggir jalan yg murah meriah. Sekali makan diluar (buat satu org) minimal $ 5 (Fast Food) atau $ 10 (resto). Hitung aja kalo tiap kali lunch makan di luar jadi berapa. Belum lagi kebiasaan ngopi2 mereka di Starbuck atau nge-bar tiap akhir pekan yg juga makan banyak biaya.

* Mereka gemar barang elektronik keluaran terbaru dan tercanggih. Yang namanya pusat penjualan elektronik bernama Best Buy selalu ramai pengunjung/pembeli. Indikator lain: bahkan apartemen keluarga yg gak terbilang kaya bisa memajang TV LCD layar datar segede bagong dengan stereo system lengkap dan canggih. Kenapa mereka suka TV guede? Krn mereka gemar nonton pertandingan olahraga (American football, basket, baseball).

* Mereka suka banget plesiran
Pernah kepikiran gak kenapa banyak banget bule plesiran di tempat2 wisata kayak Bali? Karena pergi berlibur merupakan suatu hal yg hampir wajib buat mereka. Tiap kali ada kesempatan, seperti tanggal merah (Spring break, Thanksgiving break) mereka pasti plesiran ke luar kota. Semboyan hidup mereka adl: Work Hard, Party Hard. Jadi selama hari kerja/sekolah, mereka abis2an, tapi pas ada libur dikit aja langsung deh bersenang2. Apalgi kalo liburan musim panas, dimana sekolah2 dr SD sampai kuliahan libur hampir selama 3 bulan!

Jadi, kalo dilihat dari gaya hidup sehari2 mereka, patut dong kalo saya yg berasal dr negara yg masih kembang kempis berujar: Sungguh mereka tuh spoilt banget ya!

Pertanyaannya: apakah benar mereka tuh tingkat perekonomiannya sudah sedemikian makmur, sampai kebutuhan yg buat org kita termasuk luxurious sudah lompat jadi kebutuhan primer buat mereka?

(to be continued)
ps: sengaja biar gak kepanjangan…ngerti deh psikologi org baca postingan di Intenet.

Advertisements

14 thoughts on “Gaya Hidup Orang Amrik (Part 1)

  1. budisutomo said: o….gitu to…pantesan krisis….

    Yah…begitulah….tapi anehnya semboyan ‘kencangkan ikat pinggang’ juga gak banyak digaungkan di sini. Bahkan saat kampanye presiden di sini juga gak ada tuh himbauan utk hidup hemat…Rupanya org sini sudah menganggap gaya hidup mereka ini suatu kewajaran dan sudah mendarah daging.

  2. aguskribo said: Nahhh… asik niyh… Amerika di mata orang indonesia..Bisa dapet gambaran yang riil tentang amerika.

    Udah lama pingin bikin postingan kayak gini Gus..gimana keseharian dan bedanya hidup di sini dan di sana…blum kesampean aja. Skrng pas waktu sudah lebih longgar baru bisa. Selamat menikmati..he..he.

  3. amaltiagunawan said: ho oh yo mbak,,,,,,terus nek kedawan digawe buku sisan wae,,,,,,piye

    aku blum secanggih kamu Gun…beneran…jd masih minder mania..he..he…that’s one of my dreams. (mudah2an aku gak salah menerjemahkan pesanmu…maklumlah..bukan Jawa sungguhan)

  4. amaltiagunawan said: mbak, background mu marahi abot loadinge,,mesakne nooo

    Pake gerobak biar gak berat Gun….Apa di Belanda internetnya juga lambreto ratahayo (lambat) spt di Indonesia tho Gun? Protes dong sama Ratunya.

  5. santipanon said: ooohhhh amerika, tanah impian..

    Becullll….tanah impian yg mulai gonjang-ganjing. Mereka bukannya gak pernah mengalami resesi, namun yg sekarang kayaknya puaraaah banget deh krn musuh mereka makin banyak, dan yg gak simpati juga makin banyak. Kalo dulu kan masih bisa koalisi dan minta bantuan dr Eropa.

  6. amaltiagunawan said: wah aku udah cape nggenjot becak masak disuruh ndorong grobak tooohh

    akhirnya ngaku kalo jauh2 ke sana memang mau ngebecak kaaaannn?eh Gun..aku usul…coba pasang foto betismu di rumahmu..kan kemarin sudah pasang foto lengan tp disangka betis sama yg lainnya. Buat klarifikasi (dan bahan ngenyek satu kelurahan lagi)…hi..hi..hi.

Makasih ya udah kasih komen.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s