Kulit Bule

Sebagai wanita Indonesia, saya sempat termasuk kaum hawa yang ‘kurang puas’ dengan warna kulit yang sawo mentah begini. Maunya tuh punya kulit putih mulus kinclong seperti bintang2 sinetron blasteran. Kulit orang bule tentu saja juga jadi idaman. Cuma karena saya termasuk perempuan yg gak doyan ‘nyalon’ makanya saya gak ikut2an luluran, mandi susu, atau pakai krim pemutih.

Pas udah sampai sini, aku masih juga terkagum-kagum sama mahasiswi2 sini yang kelihatan kayak boneka Barbie, bule, rambut pirang. Ternyata di sini bertebaran banyak banget yg kayak bintang2 film. Apa aku jd item sendiri? Ya gak juga, soalnya di sini banyak juga Afro-Americans.

Tapi minggu kemarin, aku ketemu dosenku namanya Dr. B. Dia perempuan cantik dengan rambut kuning kemerahan, kulit putiiih banget, dan mata biru. Dia cerita kalo kulitnya bermasalah. Saking translucent (bening)-nya, tiap kali kena sinar matahari agak banyak kulitnya langsung merah2 dan bengkak kayak kepiting rebus. Dia sampai harus minum obat2an, stereoid, dan menjalani pemeriksaan panjang karena dikhawatirkan bisa menjurus ke kanker. Halah! Pdhal sekarang ini di C’dale itungannya masih Spring, blm summer. Artinya sinar matahari dengan porsi agak banyak masih sangat jarang terjadi. Lebih sering yang kejadian adalah cuaca mendung dan dingin dibanding hangat. Gak kebayang gimana nanti summer..dimana suhunya bisa sampai 40 derajat celcius dan sinar matahari benar2 membakar kulit. Dr. B bilang dia harus pakai sunscreen yg banyak dan dilapisi krim2 lainnya. Duile…repot bener.

Terus, pas aku masuk kelas ada cerita tentang kulit bule lainnya. Dosenku, yg namanya Dr. Z, bule banget juga, cerita kalo dia minggu depan akan menjalani operasi. Operasi apa? Ternyata di wajahnya ada bintik kecil warna merah yang diidentifikasi sebagai kanker. Dan menurut dia, itu gara2 dia berjemur agak lama di bwh sinar matahari. Heleh! Sampai segitunya efek sinar matahari ke kulit orang bule!

Dulu banget aku memang pernah baca, semakin bule warna kulit manusia, semakin besar resiko terkena kanker kulit. Orang2 bermata biru atau hijau juga lebih besar resiko kena kankernya dibanding yg bermata hitam seperti kebanyakan orang kita. Jadi merasa beruntung nih aku.

Kenyataannya juga, orang2 bule ada yang merasa kulitnya terlalu pucat dan kayak orang sakit katanya. Makanya mereka banyak yang pake tanning cream (pen-coklat kulit), pergi ke tanning salon, atau bahkan rela berjemur langsung di bwh sinar matahari meskipun beresiko kena kanker demi mendaatkan kulit kecoklatan. Setahun yang lalu ada teman sekelas, yg cantik banget kayak Barbie bilang kalo dia ke tanning salon hampir tiap minggu (over dosis nih orang), dan bilang warna kulit kayak aku justru yg dia inginkan. Bahkan teman baikku yang bukan tipe cewek dandan aja juga pergi ke tanning salon krn dia gak mau kulitnya kelihatan pucat dan gak sehat.

Kesimpulannya? Wahai wanita Indonesia…syukurilah kulit sawo mentah or matangmu itu… Justru pigmen kulit yg bikin warna kulit jadi lbh gelap itu yg bikin kulit kita jadi anti-kanker kulit. Dan org bule justru pingin banget kulit berwarna seperti kita2 ini.


Advertisements

21 thoughts on “Kulit Bule

  1. Hmmm….sebuah pencerahan buat orang yang selalu menginginkan kulit putih. tapi apa daya, iklan-iklan di Indo malah selalu mengagung-agungkan kulit putih mulus nan berseri…bahkan, ada kesan kalau punya kulit coklat akan minder….padahal…How Lucky I’m…

  2. memezhere said: Hmmm….sebuah pencerahan buat orang yang selalu menginginkan kulit putih. tapi apa daya, iklan-iklan di Indo malah selalu mengagung-agungkan kulit putih mulus nan berseri…bahkan, ada kesan kalau punya kulit coklat akan minder….padahal…How Lucky I’m…

    Nah itulah…iklan2 itu memang ‘merusak’ banget deh…org2 di sini juga sebenarnya sebel lo sama iklan2 yg menampilkan cewek2 yg langsingnya gak realistis. Mrk bilang…yg kayak gini nih yg bikin org sini banyak yg anorexia dan bulimia.

  3. bule mah mau kulit kaya asian.. tan tan gitu.. aneh d.. we always want what we cant have! *sigh* I’m happy happy happy to be who I am.. a pinch of west and east.. viola.. fair.. ada in my blood.. huhu.. ngga ada di kulit aja nih.. freckles punya sih.. *benci btw*

  4. havitdema said: udah jarang denger ungkapan warna kulit :Sawo matang……, sosialisasi nya kalah di ongkos dengan reklame pe-mutih segala benda.* t f s *

    U’re welcome. Mungkin udah jarangnya juga karena perbedaan generasi yaa…anak jaman sekarang jarang pake kata itu. Bahasa memang selalu berkembang dan berubah.

  5. serenitysolitude said: bule mah mau kulit kaya asian.. tan tan gitu.. aneh d.. we always want what we cant have! *sigh* I’m happy happy happy to be who I am.. a pinch of west and east.. viola.. fair.. ada in my blood.. huhu.. ngga ada di kulit aja nih.. freckles punya sih.. *benci btw*

    That’s the most important thing dear…to be happy with the way you are no matter what people say…kok jd inget lagunya Christina Aguilera ya? What freckles? I don’t see any.

  6. aruspendek said: ups…obrolan cewe ne…salah masuk…heheh

    Hi..hi..hi…ikutan ngomong juga bole kok…gak dilarang. Bukannya cowok2 juga semakin banyak yg pakai pemutih badan?

  7. kuncorotewe said: ups … saya juga salah masuk.. ini ngobrolin kulit orang … secara saya biasa ngobrolin kulit kodok… heu heu heu…

    Wah Mas….long time no chat…piye kabare Mas? Kulit kodok? Kulit buaya kaleee… mas…biar bisa dibikin tas.

  8. Horaaaaayyyyy……….tambah pede 200% gw! tp emang pada dasarnya aku gak suka salon ato beli krim2-an yg aneh2 kecuali buat body lotion biar gak kering. apalagi pake2 kosmetik yg bikin ribet & memperlambat jikalau bepergian. bearti kita emang tahan banting, lahir & bathin. Thx to God! alhamdulillah….

  9. itapage said: Horaaaaayyyyy……….tambah pede 200% gw! tp emang pada dasarnya aku gak suka salon ato beli krim2-an yg aneh2 kecuali buat body lotion biar gak kering. apalagi pake2 kosmetik yg bikin ribet & memperlambat jikalau bepergian. bearti kita emang tahan banting, lahir & bathin. Thx to God! alhamdulillah….

    Iya Ta…emang kenyataannya begitulah…semakin berwarna kulitnya (banyak pigmennya) semakin aman dr kanker kulit. Alhamdulillah, Tuhan Maha Adil ya. Oya, aku juga gak suka ribet jadinya masalah kulit warna begini juga dari dulu gak terlalu merasa bermasalah. Masalahnya banyak gadis2 muda di negri kita yg begitu mindernya sama kulit sawo matang yg disebabkan karena pandangan yg sangat salah yg mendewakan kulit putih. Kasihan deh…coba kalau tahu tentang resiko kanker kulit ini…mungkin mrk akan lbh bersyukur. Toss…aku jg bukan cewek dandan..he..he. Sekali2nya pakai make-up lengkap pas kawinan…eh waktu kecil sempat juga dirias pakai konde segala pas kawinan tante2 dan pakde2ku di Solo.

  10. penuhcinta said: Masalahnya banyak gadis2 muda di negri kita yg begitu mindernya sama kulit sawo matang yg disebabkan karena pandangan yg sangat salah yg mendewakan kulit putih. Kasihan deh..

    krn org2 suka ngatain: mutung lah, item, gosong, dll. padahal cuman ciklat doang warnanya. pengalaman aku dulu wkt kecil. 😦

  11. itapage said: krn org2 suka ngatain: mutung lah, item, gosong, dll. padahal cuman ciklat doang warnanya. pengalaman aku dulu wkt kecil. 😦

    Nah itulah, jadi paradigma yg keliru ini harus diubah oleh semuanya, gak cuma para wanitanya. Sayangnya media, terutama majalah dan juga iklan sudah terlanjur berkiblat ke ‘barat’ (baca: bintang iklan berkulit putih) sehingga yang banyak dijadikan ‘contoh’ ya begitulah.

Makasih ya udah kasih komen.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s