Kasihan Banget

Ini aku copy-paste dr SCTV…kasihan banget sekaligus gemes.

01/03/2008 18:14 Kasus Kelaparan
Kelaparan, Ibu Hamil dan Anaknya Tewas


Liputan6.com, Makassar:
Besse yang tengah hamil tujuh bulan bersama Bahir (lima tahun), anaknya, Sabtu (1/3), meninggal setelah menderita kelaparan akibat tiga hari tidak makan. Sedangkan Sari dan Aco, dua anak korban yang lain, masih bisa diselamatkan.

Belum ada pernyataan secara medis yang menjelaskan warga Jalan Daeng Tata I itu meninggal akibat kelaparan. Namun keterangan Aisyah, tetangga Besse, menguatkan kondisi ekonomi keluarga Basri, suami korban yang berprosesi sebagai tukang becak, memang sangat memprihatikan. Sebab untuk makan saja mereka terkadang harus meminta kepada tetangga.

Kusuma Wardani, ahli gizi Dinas Kesehatan Makassar, mengakui tewasnya Besse serta anaknya karena kelaparan sebagai preseden buruk. “Masalah kelaparan ini bukan hanya departemen kesehatan saja yang menanganinya, tetapi ada beberapa instansi terkait,” kata dia. Yang pasti, kondisi ini sangat ironis dengan predikat Sulawesi Selatan sebagai lumbung pangan

Syamsu Rizal, anggota DPRD Kota Makassar yang menangani masalah kesejahteraan masyarakat, geram mendengar ada warga Makassar yang meninggal akibat kekurangan pangan. “Ini sebagai kejadian memalukan yang menjadi tamparan bagi pemerintah kota dan seluruh masyarakat Kota Makassar,” tutur dia.

Syamsu menuding kasus ini diakibatkan tidak adanya koordinasi dari instansi-instansi yang menangani kesejahteraan masyarakat. Untuk itu, dia bertekad akan segera membawa masalah ini ke rapat dewan. Sementara itu, jenazah Besse dan Bahir hari ini telah dipulangka ke kampung halamannya di Kabupaten Bantaeng untuk dimakamkan.(BOG/Iwan Taruna dan Rizal Randa)

Advertisements

15 thoughts on “Kasihan Banget

  1. penuhcinta said: Syamsu menuding kasus ini diakibatkan tidak adanya koordinasi dari instansi-instansi yang menangani kesejahteraan masyarakat. Untuk itu, dia bertekad akan segera membawa masalah ini ke rapat dewan.

    wahh,..,.,habisin duit lagii malah make duit rakyat untuk rapat bukan ditanggulangi dulu halah-halah.,.,.,

  2. Semangat gotong royong dah gak ada, tetangga gak makan 3 hari di biyarin mpe meninggal… Klo pemerintah gak perhatian bukan berarti masyarakat juga harus ikut2an cuek kan?

  3. ini bukti bahwa BAZIS di indo tidak berjalan……., bayangkan brapa jumlah umat muslim di indo, brp yg harus mreka keluarkan bwt zakat mal, zakat fitrah, zakat pendapatan, kalo ini berjalan Insya Allah bangsa indonesia bisa hidup makmur.

  4. and912 said: ini bukti bahwa BAZIS di indo tidak berjalan…….

    mungkin bukan hanya Bazis yang disalahkan tapi apa gunanya pajak? dan punya standar ganda, kalo saja umat islam hanya membayar zakat tanpa pajak akan lebih baik.. 🙂

  5. f4jar said: wahh,..,.,habisin duit lagii malah make duit rakyat untuk rapat bukan ditanggulangi dulu halah-halah.,.,.,

    Maksudnya mungkin mau rundingan dulu musti gimana…tapi emang sih jd ngabisin uang aja…biasanya kan maunya dimanja kalo lg rapat. Mustinya dari dulu2 bertindak, biar gak sampai jatuh korban…blm cukup apa korban busung lapar di Nusa Tenggara?

  6. yunce said: Semangat gotong royong dah gak ada, tetangga gak makan 3 hari di biyarin mpe meninggal… Klo pemerintah gak perhatian bukan berarti masyarakat juga harus ikut2an cuek kan?

    Kalo yg kubaca dr Republika, tetangganya udah sering nolongin Yun, cuma sama2 kurang mampu…tetangga terdekatnya juga tukang becak.

  7. lionriverside said: ada kartu taskin juga gak bisa difungsikan maksimal, swasembada pangan tapi gak swasembada duit

    Katanya mrk gak bisa dapat Raskin karena blm bikin KTP. Mungkin juga gak bisa bkn krn biasanya bikin KTP harus nyogok sana sini ya? Pdhal menurut aturannya sih gratis kan?

  8. and912 said: ini bukti bahwa BAZIS di indo tidak berjalan……., bayangkan brapa jumlah umat muslim di indo, brp yg harus mreka keluarkan bwt zakat mal, zakat fitrah, zakat pendapatan, kalo ini berjalan Insya Allah bangsa indonesia bisa hidup makmur.

    Setuju…kemana aja ya sebenarnya dana yg terkumpul? Trus org2 sebenarnya pd bayar gak sih? Bikin dong data statistik..laporan keuangan terbuka gitu.

  9. trasyid said: mungkin bukan hanya Bazis yang disalahkan tapi apa gunanya pajak? dan punya standar ganda, kalo saja umat islam hanya membayar zakat tanpa pajak akan lebih baik.. 🙂

    Setuju juga Guh….pajak sih udah pasti dikorupsi…wong dana bantuan bencana alam (apalg yg dr luar negri) aja secara tradisi juga biasanya dikentit…Oh korupsi…korupsi aku benci kamu!

  10. aku pernah sampa nangis baca anak kecil usia sd di jawa tengah, meninggal gantung diri, karena dia punya penyakit mag, penyakit ini diidap karena dia saking miskinnya, hanya mampu makan sehari sekali…

Makasih ya udah kasih komen.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s