Wintry Mix

Pertama kali baca istilah ini di ramalan cuaca bingung juga. Apa maksudnya? Ternyata yg dimaksud adalah campuran antara salju, hujan es, dan hujan air yg sedingin air es.

Ceritanya hari senin kemarin siang jam 11 pagi aku tiba2 ditelpon gurunya Imo, Mrs. Diel. Dia bilang anak2 dipulangkan cepat karena faktor cuaca. Loh…di luar biasa aja tuh, gak ada apa2, cuma mendung. Biasanya anak2 dipulangkan cepat kalo ada salju. Pas aku cek Internet, ternyata ramalannya ya si wintry mix itu.

Bener aja, pas Imo pulang, sudah mulai turun hujan es. Asli…aku takjub banget. Es kecil2 turun dari langit, bunyinya krutuk..krutuk..krutuk. Aneh banget. Kalo salju, turunnya tanpa bunyi…diem2 tahu2 udah ketutup lapisan putih.

Setelah itu, hujannya es berubah jadi salju yg butirannya besar2 kayak gumpalan kapas. Masih peralihan kali ye…dr es ke salju. Mulai cemas nih, gimana suamiku tercinta bisa pulang? Mana mobil kami rodanya bermasalah lagi. Alhamdulillah si Ayah pulang dengan selamat, sblm pulang nay2 dulusama teman2nya gimana caranya jalan menembus campuran salju dan es. Tipsnya simple aja: jalan pelan2. Yeeee….nenek2 juga tahu kali.

Malamnya hujan mulai turun. Hujan air, tp berani taruhan dinginnya pasti kayak air es. Aku udah pernah ngerasain soalnya hujan2 di musim dingin jalan ke halte bis dalam rangka berangkat kuliah. Hujan air inilah yang bikin kacau. Setelah semalaman hujan, salju di daratan berubah jadi lapisan es. Asli es kayak buat ice skating itu lohhh…cuma tipis. Pohon2 jadi merunduk karena keberatan es. Jalanan jadi licin dan berbahaya.

Akibat yg lebih parah lagi adalah putusnya aliran listrik di sejumlah tempat. Kenapa coba? Kayaknya sih karena gardu or tiang2 listrik dan kabelnya beku dilapisi es. Peringatan mati listrik ini sebenarnya udah dari kemarin seiring dengan ramalan badai salju ini. Aduh gak kebayang malam2 yg suhunya dibawah nol tanpa pemanas. Alhamdulillah di kompleksku gak mati lampu. Pemerintah daerahnya langsung membuka ‘warming center’ di beberapa tempat yg menyediakan tempat utk menghangatkan badan utk org2 yg lampunya mati.

Alhasil, hari Selasa itu sekolah Imo diliburkan. Kuliahku yang tiap Selasa malam juga libur karena kampus ditutup. Padahal minggu kemarinnya hujan kuenceng banget lengkap dengan peringatan storm dan tornado. Sirine peringatan tornado aja sampe berbunyi. Namun kuliah tetap saja berlangsung. Namun karena jebakan es yg bikin mobil2 sampai gak bisa jalan, satu kampus sampai tutup.

Sampai hari ini sekolah Imo masih diliburkan, dan tadi barusan aku cek besok juga masih libur. Kata si Ayah jalan-jalan utama sudah dibersihkan…hebat juga. Wong gubernur negara bagiannya sampai menyatakan ini sebagai bencana lokal dan mengirimkan bala bantuan berupa alat2 berat ke daerah2 yg dilanda badai es.

Sekian laporan dari kota kecil Carbondale dimana kejadian kecil bisa jadi istimewa. Oya…foto2nya akan aku pasang setelah ini. Indaaaaahhhh banget…kayak di negri dongeng…karena pohon2 dilapisi es, seperti kristal. Hari ini matahari bersinar cukup cerah, jadinya sangat menyilaukan karena sinarnya dipantulkan icicles di pohon2 yang berkilauan bak berlian. Foto2nya gak cukup jelas menggambarkan keindahannya…maaf ya.

Advertisements

12 thoughts on “Wintry Mix

  1. f4jar said: wahhh krtukk-krutukk,.,., enakkk dingin semriwing,.,.wahh asal jgn ada yg gede dan kear s ajah tyuhh bisa bolonng genteng

    terlalu dingin Jar…tapi aku td baru aja nemenin anak2 main keluar. Kalo konstumnya lengkap sih masih bisa dijabanin.

  2. wah cuaca disini sama lho mbak…. tiap pagi hujan kuenceeng plus angin,.. trus jalanan juga sama… kalo di sono kan di lapisi es tipiiiisss,kalo disini, mulut jalan depan ke arah rumah-mu itu belok kiri dikit udah mulai ditutupi lapisan lumpur… yaa nggak tipis-tipis amat sih … trus sepanjang jln itu juga udah mulai berlubang2…ada yang emang akibat alami, tapi banyak juga yang akibat galian proyek…imagine, this morning i must spend 1hour to reach the Mall. Damn Traffic jam. i leave home by 5.30… katanya sih galian buat PLN ini “cuma” sampai bulan agustus doang, dan celakanya arah galiannya sesuai arah jalur pulang pergi ku…trusss ntar sampai ke arah PI… selamat deh… hehehe…

  3. trasyid said: gak tahan dingin..

    kalo dlm rumah sih gak kerasa Guh, kan ada pemanas ruangan. Kalo keluar, bajunya lapis2, pake sarung tangan, dan sepatu boot khusus sehingga mengurangi rasa dingin.

  4. kuncorotewe said: wah cuaca disini sama lho mbak…. tiap pagi hujan kuenceeng plus angin,.. trus jalanan juga sama… kalo di sono kan di lapisi es tipiiiisss,kalo disini, mulut jalan depan ke arah rumah-mu itu belok kiri dikit udah mulai ditutupi lapisan lumpur… yaa nggak tipis-tipis amat sih … trus sepanjang jln itu juga udah mulai berlubang2…ada yang emang akibat alami, tapi banyak juga yang akibat galian proyek…imagine, this morning i must spend 1hour to reach the Mall. Damn Traffic jam. i leave home by 5.30… katanya sih galian buat PLN ini “cuma” sampai bulan agustus doang, dan celakanya arah galiannya sesuai arah jalur pulang pergi ku…trusss ntar sampai ke arah PI… selamat deh… hehehe…

    wah miris banget deh bacanya Mas…kok Cinere jadi tambah semrawut gitu. Dulu kan jalan rusak adanya di depan jalan Bandung, kok sekarang malah sampe Limo. Diangkat aja ke media tuh mas..liputan jalan2 rusak di pinggiran Jakarta, kayak waktu itu pernah juga jalan di Ciputat masuk koran.

  5. duniakecilkita said: Pengen bawa segelas sirup atau teh, trus berdiri di bawah ujan es itu, krutuk..krutuk…segelas es sirup siap dihidangkan, hehehehehe!!

    Persisss…memang kayak es serut turun dr langit kok Chiet, kurang sirop ato susu coklatnya aja.

  6. nice story, serasa ada disitu, ikut ngerasain dinginnya si wintry, dan bernapas lega ternyata si ayah bisa pulang dengan selamat, ikut khawatir kalau2 mati lampu, membayangkan indah dan cantiknya butiran es it menyelimuti dedaunan.. ditunggu cerita selanjutnya… he he he..

Makasih ya udah kasih komen.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s