Selamat Datang Ramadhan

Tidak terasa Ramadhan kembali menghampiri saya di negri asing ini. Rasanya lebih mengharu biru karena jauh dari orang tua dan saudara. Meskipun sebelumnya sudah pernah merasakan sahur di kost2an waktu di Jakarta dulu, namun di sini terasa beda. Bedanya karena saya tahu dari sekian banyak manusia di apartemen, mungkin cuma saya yang terbangun saat matahari sama sekali belum terbit, di tengah udara dingin menjelang musim gugur. Kalau dulu, saya tahu kamar-kamar di sebelah saya juga terbangun untuk sahur, bahkan ada yang sahur bersama di ruang TV.

Yang paling menyenangkan saat kami di sini buka puasa bersama. Sesama muslimah bermobil menuju resto atau Islamic Center. Di tempat yang terakhir ini biasanya diadakan buka puasa bersama tiap akhir pekan. Suasananya selalu ramai karena banyak keluarga yang datang membawa anak2 mereka. Muslimah (dan muslim) berbagai bangsa, dari yang warna kulitnya terang benderang sampai gelap pekat saling menyapa dan tersenyum, seolah sudah kenal lama. Saya paling suka ngobrol sama muslim Amerika kulit putih yang masih mimoritas di kalangan muslim yang datang saat itu karena mereka lebih terbuka. Kalau menyapa muslim yang dari Timur Tengah, belum tentu bisa ngobrol karena banyak juga yang belum lancar berbahasa Inggris. Saya yang meang dasarnya SKSD suka sekali pindah2 tempat duduk saat acara buka puasa bersama, semata2 karena saya ingin kenal banyak orang. Lucu juga, karena kok saya jadi kutu loncat sendiri. Sedangkan yang lainnya biasanya berkumpul dengan sesama saudara sebangsanya.

Yang lucu, dari berbagai hidangan tersedia yang biasanya bercita rasa Timur Tengah atau India, di akhir acara akan dihidangkan kue tart dengan hiasan glasur: Happy Ramadhan. O ya,semua hidangan berbuka ini tersedia gratis karena ada beberapa dokter muslim yang menjadi donatur tetap acara ini. Baik banget ya?

Advertisements

39 thoughts on “Selamat Datang Ramadhan

  1. met Pagi Cinta….I love waktu puasa diluar negeri actually… berkumpul ama temen2.. siap2 buat berbuka… kangen*so very independent… kalo dirumah, mummy this.. mummy that… wakssss.. kasian mummy ;)Met puasa yah…. maaf lahir & bathin with loads of love…

  2. f4jar said: sabar mbak,,,,,……..kuat-kuatin,,,,,,.. disana katamya susah,,, kalo,,, menjalankan puasa,,,,

    makasih ya Jar…sebenarnya dimana aja akan jd susah kalo gak kuat niatnya, tul gak?

  3. serenitysolitude said: met Pagi Cinta….I love waktu puasa diluar negeri actually… berkumpul ama temen2.. siap2 buat berbuka… kangen*so very independent… kalo dirumah, mummy this.. mummy that… wakssss.. kasian mummy ;)Met puasa yah…. maaf lahir & bathin with loads of love…

    Met pagi juga Sweety Pie,Aku malah kangen puasa di Indonesia loo…cari jajanan berbukanya gampang..he..he.Met puasa juga ya…maaf lahir dan batin juga ya…Thank you for being a very good friend.

  4. dbye said: berarti banyak godaan dong mbak,abis banyak yang gak puasa ^_^sabar mbak,kan ntar dapat bukaan yang gratisan hehehehehehehe

    Selama gak mampir ke student center (dimana ada banyak tempat jajanan) ya gak ngaruh juga sih. Biarpun mampir, paling perut kruyukan sebentar mencium aroma makanan yg hmmmmmm.

  5. kuncorotewe said: jam berapa waktu berbuka? …20.00???pingin rasanya bisa menikmati ramadhan di negeri orang..

    Sahurnya sblm jam 5.14 AM dan bukanya jam 7.10 PM. Gak beda jauh sih dengan yg di Jakarta, soalnya skrng sudah masuk Fall. Kalau puasanya jatuh di tengah2 summer…nah itu baru seruuuuu…bukanya bisa jam 9 kurang.

  6. and912 said: met puasa mba cinta, mas cinta (halah) gk tau namanya….hehehee. inget lo besok dah puasa…..hihiiiii

    Apaaaa? Mas? Awas ya Ndi….kukirim tinju dr sini….buukkkkk!!!! Hi..hi..hi…masih penasaran ya rupanya? Udah mau puasa aku gak bo-ong kok Ndi…asli..tulen…wanita.

  7. and912 said: hhh hari2 yg melelahkan, revisi revisi revisi penulisan, udh gitu tu dosen minta bisa itulah inilah di program aku…

    wkkwkwkwkwkwkwkkwkwkwkwk… cari temen lah… yg pinter ngebenerin……..

  8. he-eh, kalo udah kerja bisa lebih gampang dapat cewek…lohhhh? maksudnya dapet istri getuuuu.mulainya dari sekarang dong kalo gitu, malah mestinya dari kemaren, jangan nunggu diwisuda.selain lihat iklan lowongan, tanya2 temen2 yg udah kerja, biasanya dr mulut ke mulut malah banyak tuh.

Makasih ya udah kasih komen.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s